JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Tiga Desa di Sragen Menggelar Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu, Dua Diantaranya Menggantikan Kades Mencalonkan Diri Sebagai Anggota DPRD kabupaten Sragen 2024

   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Sejumlah Desa di kabupaten Sragen menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Antar Waktu guna mengisi kekosongan kepala desa (Kades) maju Caleg DPRD Sragen 2024.

Adapun Desa yang menggelar Pilkades antar waktu yakni Desa Bandung Kecamatan Ngrampal, Desa Sambirejo Kecamatan Plupuh dan Desa Krikilan Kecamatan Kalijambe, Rabu (20/12/2023).

Sistem pemilihan kepala desa antar waktu dilakukan dengan cara perwakilan tokoh masyarakat, mulai dari RT dan BPD di desa masing-masing yang menggelar pemilihan.

Pantauan JOGLOSEMARNEWS.COM salah satu Desa yang menjadi perhatian yakni Desa Krikilan Widodo dan Sambirejo Prihandoko lantaran kades di desa tersebut mengundurkan diri untuk mencalonkan diri sebagai anggota DPRD kabupaten Sragen 2024.

Hasil dari Musyawarah desa Pilkades Antar Waktu yakni untuk Desa Krikilan Kalijambe, terpilih Narno, dengan jumlah 38 suara. Unggul dari Suyatno 11 suara dan Sri murjinah yang 0 suara. Total pemilih 49 orang pemilih.

Baca Juga :  Wahyu alias Kenyung, Pelaku Hipnotis Nenek di Plupuh Sragen Berhasil Ditangkap di Magetan Jawa Timur Oleh Tim Macan Putih!

Sedangkan di Desa Sambirejo terdapat calon tunggal yakni Mulyo Widodo. Terpilih dengan musyawarah mufakat dihadiri 54 pemilih dari 55 orang.

Sedangkan Desa Bandung Ngrampal terpilih Yarmanto, dengan 30 suara. Unggul dari Joko Purwanto sebanyak 15 suara. Total pemilih terdapat 45 orang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Sragen Pujiatmoko membenarkan saat ini digelar Pemilihan antar waktu sejumlah posisi kades yang kosong. Rencana pelantikan dilangsungkan pada 29 Desember mendatang. Bersamaan dengan Pilkades yang lalu.

“Iya benar pelantikan bareng dengan hasil pilkades serentak lalu, kalau di Desa Krikilan yang jadi pak Narno dulu jabat bayan ini yang jadi,” kata Pujiatmoko.

Baca Juga :  Jalan Desa di Sragen Semakin Mulus dengan Pintas Pinggiran, Apa Itu?

Pihaknya menyampaikan untuk Kades yang terpilih ini masih memungkinkan untuk menjabat sekitar 1-2 tahun. Menyelesaikan masa jabatan kades sebelumnya.

Sedangkan ada sejumlah desa yang masih kosong. Salah satunya desa Jati, Kecamatan Masaran yang kadesnya baru saja meninggal dunia.

Sementara pantau di group Whatsapp pilkades Krikilan Kalijambe antar waktu ini disambut antusias pendukung dan keluarga kades terpilih, dalam postingan tersebut menuliskan kades terpilih Narno mendapatkan suara unggul dibandingkan 2 orang calon lainnya yakni Suyatno dan Sri Murjinah.

“Alhamdulillah ya allah dapat 77,5 %,” tulis salah satu warga Desa Krikilan.

Huri Yanto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com