JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

RSUD dr. Moewardi Surakarta Luncurkan Laboratorium Stem Cell dan Kidney Center, Apa itu?

RSUD dr Moewardi Surakarta meluncurkan dua unit pelayanan baru, yaitu Laboratorium Stem Cell Punca dan Kidney Center atau pusat hemodialisa (cuci darah), pada Sabtu, (6/1/2024) || Humas Pemprov Jateng
RSUD dr Moewardi Surakarta meluncurkan dua unit pelayanan baru, yaitu Laboratorium Stem Cell Punca dan Kidney Center atau pusat hemodialisa (cuci darah), pada Sabtu, (6/1/2024) || Humas Pemprov Jateng
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM RSUD dr. Moewardi Surakarta meluncurkan dua unit pelayanan baru, yaitu Laboratorium Stem Cell Punca dan Kidney Center atau pusat hemodialisa (cuci darah), pada Sabtu, 6 Januari 2024. Peluncuran dua unit pelayanan tersebut dirangkai dengan kegiatan jalan sehat, dalam rangka HUT ke-74 RSUD Moewardi.

Peluncuran Laboratorium Stem Cell Punca dan Kidney Center dilakukan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno. Sumarno mengatakan, tugas utama rumah sakit adalah pelayanan dasar kesehatan. Oleh karena itu, RSUD Moewardi diminta menjadi garda penjaga kesehatan masyarakat Jawa Tengah.

“Rumah sakit itu jualannya jasa. Kunci suksesnya ada tiga, yaitu kecepatan layanan, ketepatan layanan, dan pelayanan murah. Tiga hal itu harus kita perhatikan,” tegas Sumarno.

Sumarno juga menambahkan, pelayanan di bidang kesehatan membutuhkan keikhlasan dari hati. Sebab, masyarakat yang datang ke rumah sakit adalah orang-orang yang butuh penanganan cepat, tepat, dan murah.

Baca Juga :  Niat Maju Pilwakot Solo 2024, Rudy Bertekad Entaskan Kemiskinan

Sementara itu, Direktur Utama RSUD Moewardi Surakarta, Cahyono Hadi, menjelaskan, memasuki usia 74 tahun, pihaknya berkomitmen selalu menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan, berinovasi, serta berkolaborasi dengan berbagai pihak. Dengan upaya-upaya itu, ke depan RSUD Moewardi diharapkan lebih jaya, maju, dan semakin berkembang.

“Kita berharap RSUD Moewardi ke depan semakin mengembangkan pelayanan, proses bisnis, dan penataan sumber daya manusia. Sehingga, RSUD Moewardi dapat menjadi andalan Pemprov Jateng di bidang kesehatan,” kata Cahyono.

Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, imbuh Cahyono, berbagai pengembangan pelayanan terus dilakukan. Antara lain, pelayanan radiologi nuklir, onkologi terpadu, layanan laboratorium stem cell, dan kidney center.

Berikut adalah penjelasan singkat tentang dua unit pelayanan baru yang diluncurkan oleh RSUD dr Moewardi Surakarta:

Laboratorium Stem Cell Punca merupakan unit pelayanan yang menyediakan layanan terapi sel punca. Terapi sel punca adalah pengobatan yang menggunakan sel punca untuk memperbaiki atau mengganti sel-sel yang rusak. Sel punca adalah sel-sel yang belum terspesialisasi yang dapat berkembang menjadi berbagai jenis sel, termasuk sel darah, sel otot, dan sel saraf.

Baca Juga :  Belum Bertemu PDIP Usai Penetapan Wapres, Gibran: Bukan Meninggalkan, Ini Keputusan Masing-Masing Partai

Kidney Center atau pusat hemodialisa (cuci darah) merupakan unit pelayanan yang menyediakan layanan cuci darah bagi pasien dengan penyakit ginjal kronis. Cuci darah adalah prosedur medis yang digunakan untuk membuang limbah dan kelebihan cairan dari darah. Pasien dengan penyakit ginjal kronis yang tidak dapat berfungsinya ginjal dengan baik membutuhkan cuci darah untuk bertahan hidup.

Peluncuran Laboratorium Stem Cell Punca dan Kidney Center di RSUD dr Moewardi Surakarta merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Jawa Tengah. Dengan adanya dua unit pelayanan baru tersebut, diharapkan masyarakat Jawa Tengah dapat memperoleh layanan kesehatan yang lebih lengkap dan berkualitas.

*Humas Pemprov Jateng

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com