JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Amankan 3.910 TPS, Polisi Wonogiri Terapkan Sistem Mobile Siap Menginap di Lokasi

TPS
Personel Polres Wonogiri siap mengamankan jalannya Pemilu 2024. Joglosemarnews.com/Aris Arianto
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Ratusan personel Polres Wonogiri bersiap mengamankan 3.910 tempat pemungutan suara (TPS) pada Pemilu 2024.

Sebanyak 478 personel akan disiagakan untuk pengamanan langsung di TPS, sedangkan sisanya akan mengamankan lokasi lain seperti kantor KPU dan kecamatan.

Kapolres Wonogiri AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah mengatakan, personel BKO dari Polda Jawa Tengah, Brimob, dan lainnya juga akan dilibatkan dalam pengamanan.

“Belum termasuk pasukan dari TNI dan lainnya untuk pengamanan TPS,” ujar Kapolres Wonogiri AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah, Jumat (9/2/2024).

Mengingat jumlah TPS yang cukup banyak, Polres Wonogiri akan menerapkan sistem mobile dalam pengamanan. Setiap personel kepolisian akan bertanggung jawab untuk beberapa TPS dan berkeliling melakukan pengawasan.

“Pola yang akan diterapkan satu polisi mengampu beberapa TPS. Jadi nanti anggota diberi tanggung jawab untuk mobile, berkeliling,” terang Kapolres Wonogiri AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah.

Baca Juga :  Cek Khodam Lagi Tren, Sekadar Hiburan atau Ada Udang di Balik Batu?

Selain itu, personel kepolisian juga siap untuk menginap di lokasi TPS. Hal ini dilakukan untuk memastikan keamanan dan kelancaran proses pemungutan suara.

Selain TPS, Polres Wonogiri juga akan melakukan pengamanan di lokasi lain seperti kantor KPU, kantor Bawaslu, dan tempat lainnya.

Polres Wonogiri juga terus melakukan koordinasi dengan stakeholder terkait seperti KPU, Bawaslu, TNI, dan pemerintah daerah. Hal ini dilakukan untuk memastikan kesiapan dan kelancaran penyelenggaraan Pemilu 2024.

Kapolres Wonogiri AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah mengatakan rencananya, ratusan personel Polres Wonogiri yang menjadi petugas pengamanan TPS Pemilu 2024 itu bakal berangkat bertugas di pos masing-masing pada Selasa (13/2) mendatang.

Sebelum meluncur, perlengkapan bakal dicek kembali sehingga memastikan anggota siap menjalankan tugas.

Terdapat sejumlah barang yang dibawa oleh personel Polres Wonogiri saat melakukan pengamanan. Di antaranya baju dinas, jas hujan, alat mandi, matras hingga tongkat polisi dan borgol.

Baca Juga :  Cara Dapat BLT Mitigasi Risiko Pangan, Perbulan Sampai 200 Ribu

Kapolres Wonogiri AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah mengatakan pihaknya sengaja melakukan pemeriksaan personel yang bakal bertugas saat Pemilu 2024. Itu demi memastikan para personel siap dalam melaksanakan tugasnya.

“Maka kita cek persiapan perorangannya dan perlengkapannya. Juga kendaraan dinas. Harapannya personel kita siap menjalankan tugas,” tandas Kapolres Wonogiri AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah.

Menurut Kapolres Wonogiri AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah, anggotanya disiapkan untuk melakukan pengamanan sesuai dengan SOP. Polisi bakal berjaga di ring dua alias tidak di dalam TPS.

Para personel bertugas untuk memastikan proses pencoblosan, penghitungan suara dan lainnya aman.

Selain gelar perlengkapan, juga dilakukan bimbingan teknis (bimtek). Bimtek itu, menurut Kapolres Wonogiri AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah, dilakukan dengan simulasi pengamanan TPS. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com