JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Musim Hujan, Kasus DBD di Boyolali Mengalami Peningkatan: Dua Orang Meninggal Dunia

Ilustrasi Fogging. Waskita
   

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Seiring datangnya musim hujan, terjadi peningkatan kasus kasus demam berdarah dengue (DBD) di Boyolali. Tercatat per Januari lalu, ada 45 kasus DBD, dua diantaranya meninggal dunia.

Kepala Dinkes Boyolali, Puji Astuti, kasus DBD mulai naik diawal bulan Januari. Kasus minggu pertama Boyolali tercatat ada sembilan kasus, minggu kedua tercatat ada 15 kasus, minggu ketiga tercatat 14 kasus, dan minggu keempat ada enam kasus DBD.

“Ada satu orang di Desa Kalinanas, Kecamatan Wonosamudro yang meninggal dunia karena DBD pada Januari,” ujarnya, Senin (5/1/2024).

Baca Juga :  Besok Pagi Jemaah Calon Haji Berdatangan, Koper JCH Tiba Lebih dulu di Asrama Haji Donohudan

Dari update data Dinkes, ada satu lagi warga Desa Bojong, Wonosegoro yang meninggal karena DBD. Sedangkan di Desa Kalinanas, Desa Wonosamudro tersebut tercatat ada empat kasus DBD dan satu orang meninggal dunia. Dinkes pun bergerak cepat guna mengatasi kasus DBD tersebut.

Dinkes telah melakukan penyuluhan, abatisasi selektif, Pemberantasan Sarangh Nyamuk (PSN) hingga fogging. Pelaksanaan foffing difokuskan pada siklus pertama pada 15 Januari dan siklus kedua pada 22 Januari.

“Khusus di Desa Kalinanas, sampai saat ini tidak ada kasus baru dan tetap dilakukan pemantauan pelaksanaan PSN,” katanya.

Baca Juga :  Pemuda NU dan Pemuda Muhammadiyah Sepakat Ajukan Calon Pilkada 2024

Diungkapkan, kasus pada Januari 2024 ini justru menurun dibandingkan pada Januari 2023. Dimana pada Januari 2023 ada temuan 82 kasus. Sedangkan pada Januari 2024, tercatat ada 45 kasus.

“Jadi angka kasusnya justru menurun,” katanya.

Lebih lanjut ditambahkan, data Dinkes Boyolali hingga saat ini tercatat total ada 154 laporan. Rinciannya, terdapat 84 kasus demam dengue, 46 kasus DBD, tiga kasus demam sock syndrome dan 12 kasus lainnya. Waskita

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com