JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Apakah Donor Darah Membatalkan Puasa? Ternyata Begini Jawabannya

Donor darah
Prajurit Kodim 0728 Wonogiri mendonorkan darah saat puasa Ramadhan 2024. Dok. Kodim 0728 Wonogiri
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Umat Islam saat momentum bulan suci Ramadhan 2024 saling berlomba berbuat kebaikan untuk mendapatkan ridlo Allah dan meraih derajat taqwa.

Banyak kebaikan yang bisa dijadikan ladang pahala. Salah satunya dengan donor darah.

Hanya saja diakui hingga kini masih kerap muncul pertanyaan seputar donor darah dan puasa. Yakni apakah donor darah membatalkan puasa?

Dalam rilis yang diterima JOGLOSEMARNEWS.COM , Sabtu (30/3/2024), pajurit Kodim 0728 Wonogiri mendonorkan darah untuk kemanusiaan dan manfaatnya dapat dirasakan antar sesama. Selain itu guna memenuhi kebutuhan stok darah di PMI Wonogiri.

Baca Juga :  Sejarah Pantai Gading Purba Wonogiri, Jauh dari Laut Tapi Bisa Disebut Pantai dan Viral

Dokter Heri Susanto selaku Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Wonogiri menyatakan, sebenarnya, dari sisi medis dan agama, tidak ada larangan melakukan donor darah saat puasa. Artinya, Anda tetap boleh mendonorkan darah Anda selama berpuasa.

Bahkan, MUI telah mengeluarkan fatwa bahwa pengeluaran darah bagi orang yang sedang menunaikan puasa tidak membatalkan atau mengurangi kesempurnaan ibadah orang yang bersangkutan.

Malah, menyumbangkan darahnya saat puasa dinilai sebagai suatu amal saleh yang pahalanya lebih besar dibandingkan dengan yang dilakukan di luar bulan puasa.

Baca Juga :  Cek Syarat dan Jadwal Seleksi Beasiswa Santri Berprestasi 2024, Sampai S3 Loh

Dari sisi medis, melakukan donor darah saat puasa pun disebut aman dan bahkan tetap dianjurkan. Manfaat donor darah juga masih mungkin Anda dapatkan.

Hanya saja, donor darah ini sebaiknya tidak dilakukan pada siang hari selama jam-jam puasa dilakukan.

Pasalnya, ada peningkatan risiko efek samping donor darah pada pendonor karena kurangnya hidrasi dan asupan makanan saat memasuki tengah hari berpuasa.

Namun tentu saja hal itu disesuaikan dengan kondisi masing masing individu. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com