JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Apel Vs Jeruk, Ini Kandungan Nutrisinya

Ilustrasi buah jeruk dan apel. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Apel merupakan buah yang baik untuk kesehatan. Bahkan ada ungkapan dengan makan sebuah apel sehari bisa menjauhkan dari berbagai penyakit. Lantas apakah hanya apel, bagaimana dengan jeruk yang identik dengan vitamin C?

“Kedua jenis buah itu memang baik untuk kekebalan tubuh dan jantung, seperti vitamin C pada jeruk dan kuersetin pada apel, memahami perbedaan nutrisi keduanya bisa membantu kita mengetahui pilihan yang baik buat kesehatan jantung dan secara umum,” papar pakar diet kardiologi preventif di New York, Michelle Routhenstein, kepada Fox News Digital.

Michelle Routhenstein mengatakan, sebutir apel berukuran sedang dengan berat sekitar 182 gram mengandung sekitar 25 gram karbohidrat, 4,4 serat, 95 kalori, kurang dari 1 gram protein dan lemak untuk masing-masing, dan menyediakan 14 persen kebutuhan harian vitamin C. Yang paling penting adalah kandungan kuersetinnya.

Baca Juga :  Meski Sangat Lezat, Konsumsi Daging Merah Berlebihan Tidak Baik Bagi Kesehatan

“Apel kaya kuersetin yang tinggi antioksidan dan antiperadangan, yang sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung, fungsi imun, dan kesehatan secara umum,” tambahnya.

Bagaimana dengan jeruk?

“Sebutir jeruk mengandung 66 kalori, 86 persen kandungan air, 1,3 gram protein, 14,8 gram karbohidrat, 12 gram gula, 2,8 gram serat, 0,2 gram lemak, dan menyediakan 92 persen kebutuhan harian vitamin C, 9,2 persen folat, dan masing-masing 5 persen kebutuhan kalsium dan potasium,” papar ahli gizi diet Vandana Sheth.

Baca Juga :  Sederet Makanan Lebaran ini Sebaiknya Dihindari Penderita Asam Urat

Selain hampir memenuhi 100 persen kebutuhan harian vitamin C, jeruk juga mengandung vitamin A. Jeruk juga mengandung hesperidin, yang bisa mengurangi peradangan dan menurunkan tekanan darah, memperbaiki fungsi pembuluh darah, serta melindungi dari stres oksidatif, semuanya faktor penting untuk menjaga kesehatan kardiovaskular.

Jadi, mana yang lebih baik? Semua baik dan masing-masing punya kelebihan sendiri. Menurut Sheth, daripada bingung memilih lebih baik konsumsi semua untuk meningkatkan kesehatan dan mencegah penyakit.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com