JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Asyiknya P5 Sehatkan Badan dan Bahagiakan Jiwa Siswa SMP di Jatisrono Wonogiri

Pelajar Pancasila
Keceriaan siswa SMPN 3 Jatisrono Wonogiri mengikuti P5. Istimewa
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Dalam implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Kemendikbudristek telah menetapkan 7 tema umum untuk setiap jenjang pendidikan. Meliputi Gaya Hidup Berkelanjutan, Kearifan Lokal, Bhinneka Tunggal Ika, Bangunlah Jiwa dan Raganya, Suara Demokrasi, Rekayasa dan Teknologi, dan Kewirausahaan.

Nah, terkait implementasi itu SMPN 3 Jatisrono Wonogiri melaksanakan P5 dengan Tema Bhinneka Tunggal Ika, Bangunlah Jiwa dan Raganya, serta Suara Demokrasi.

Khusus Tema Bangunlah Jiwa dan Raganya dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama dilaksanakan pada bulan Ramadhan untuk membangun jiwa yang relegius dan bertakwa kepada Tuhan YME.

Sedangkan tahap kedua dilaksanakan 18–20 April 2024 untuk membangun raganya.

Baca Juga :  Barak Dalmas Mushola dan Mess Polres Wonogiri Dipercantik

Menurut Kepala SMPN 3 Jatisrono Karno, tema Bangunlah Jiwa dan Raganya pada Sabtu (20/4/2024) telah berakhir dengan berbagai kegiatan. Meliputi senam dan sarapan bersama, pameran poster serta refleksi P5.

“Selama tiga hari kegiatan anak-anak cukup senang dan bahagia sesuai harapan tim fasilitator P5. Salam sehat dan bahagia untuk semua siswa SMPN 3 Jatisrono Wonogiri,” ungkap Kepala SMPN 3 Jatisrono Karno.

Perlu diketahui, dalam implementasi kurikulum merdeka ada kegiatan yang harus dilaksanakan sekolah yaitu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang sering disingkat dengan P5. P5 adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi Profil Pelajar Pancasila.

Baca Juga :  Pemkab Wonogiri Didesak Cepat cepat Hapus Kemiskinan Ekstrim, Fokus ke Petani UMKM dan Kelompok Rentan

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) program yang dirancang Kemendikbudristek sebagai bagian dari Kurikulum Merdeka yang bertujuan mendorong tercapainya Profil Pelajar Pancasila.

Adapun program ini diterapkan dengan menggunakan paradigma baru, yakni melalui pembelajaran berbasis projek.

Dengan menjalankan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, pendidik diharapkan dapat menemani proses pembelajaran siswa agar mereka dapat menumbuhkan kapasitas dan membangun karakter luhur. Ini sebagaimana dijabarkan dalam Profil Pelajar Pancasila, yakni 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bergotong-royong, 4) berkebhinekaan global, 5) bernalar kritis, dan 6) kreatif. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com