JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

secangkir kopi hitam
Ilustrsai secangkir kopi. Pixabay
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Kecelakaan lalu lintas, salah satunya bisa dipicu oleh kasus microsleep atau tidur mikro yang berlangsung hanya beberapa detik.

Namun mircosleep saat seseorang memegang kemudi dan dalam kecepatan tinggi, sangat berbahaya, karena kendaraan bisa mengalami kecelakaan.

Hal itu pula yang disebut-sebut menjadi pemicu kecelakaan bus Rosalia Indah di ruas tol Solo-Semarang dan mengakibatkan 7 orang meninggal dunia.

Microsleep berpotensi berbahaya terutama saat berkendara atau melakukan aktivitas yang membutuhkan konsentrasi tinggi.

Dikutip dari Healthline, dalam beberapa kondisi, microsleep bisa berlanjut hingga orang tersebut benar-benar memasuki kondisi tidur.

Hal itu dapat terjadi di mana saja, seperti di tempat kerja, di sekolah, atau saat menonton TV.

Dikutip dari Sleep Foundation, salah satu gejala microsleep yang paling umum adalah mata tertutup sebagian atau seluruhnya, meskipun microsleep juga bisa terjadi dengan mata terbuka, namun pandangan akan terlihat kosong.

Biasanya, microsleep juga disertai dengan gerakan kepala yang mengangguk atau menyentak. Dalam beberapa kondisi, microsleep juga bisa berlanjut hingga orang tersebut benar-benar memasuki kondisi tidur.

Baca Juga :  Waktu dan Cara yang Tepat untuk Cek Gula Darah

Namun, ada beberapa minuman yang dapat membantu mencegah microsleep dengan memberikan dorongan energi dan meningkatkan kewaspadaan. Berikut lima minuman yang berpotensi dapat mencegah microsleep:

 

  1. Kafein

Kafein stimulan alami yang dapat meningkatkan kewaspadaan dan mengurangi rasa kantuk. Dikutip dari Hyundai, secangkir kopi hitam atau espresso dapat memberikan dorongan energi yang dibutuhkan saat merasa mengantuk. Tapi, pastikan bahwa konsumsi kafein Anda pada hari tersebut memenuhi syarat konsumsi kafein harian. Sebab terlalu banyak minum kafein dapat mengganggu pola tidur Anda.

 

  1. Teh Hijau

Teh hijau mengandung kafein dalam jumlah yang lebih rendah daripada kopi, tetapi juga mengandung senyawa lain seperti L-theanine yang dapat memberikan efek menenangkan dan meningkatkan fokus secara alami. Kombinasi antara kafein dan L-theanine dalam teh hijau dapat membantu mencegah microsleep tanpa menyebabkan efek samping seperti kegelisahan.

 

  1. Minuman Energi
Baca Juga :  Waktu dan Cara yang Tepat untuk Cek Gula Darah

Dikutip dari Sleep Center, minuman energi mengandung kafein dan gula yang dapat memberikan dorongan energi instan dan meningkatkan kewaspadaan. Namun, perlu diingat bahwa konsumsi minuman energi sebaiknya dibatasi dan tidak dikonsumsi secara berlebihan karena dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang cepat dan kemudian kelelahan.

 

  1. Air Putih

Dehidrasi dapat menyebabkan kelelahan dan menurunkan kewaspadaan. Minumlah air putih secara teratur untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan mencegah gejala microsleep yang disebabkan oleh dehidrasi. Selalu bawa botol air minum saat melakukan perjalanan atau bekerja untuk memastikan Anda tetap terhidrasi.

 

  1. Jus Buah Segar

Jus buah segar mengandung gula alami dan nutrisi penting seperti vitamin dan antioksidan yang dapat memberikan dorongan energi dan meningkatkan kewaspadaan. Pilihlah jus buah yang rendah gula tambahan dan hindari jus yang terlalu manis atau terlalu banyak mengandung gula. Jus buah segar adalah minuman yang menyegarkan dan sehat untuk membantu mencegah microsleep.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com