JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Deretan Makanan Khas Lebaran Wonogiri yang Menggugah Selera

Tempe keripik benguk
Tempe keripik benguk. Joglosemarnews.com/Aris Arianto
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM Lebaran 2024 identik dengan momen kumpul keluarga dan menikmati hidangan lezat. Di Wonogiri Jateng, terdapat berbagai makanan khas yang selalu hadir di momen spesial ini.

Berikut beberapa hidangan Lebaran 2024 Wonogiri yang wajib dicoba:

1. Kacang Mete

Wonogiri terkenal sebagai penghasil kacang mete berkualitas. Kacang mete goreng menjadi hidangan wajib di setiap rumah saat Lebaran. Rasanya yang gurih dan renyah digemari semua kalangan. Kacang mete Wonogiri juga sering dijadikan oleh-oleh khas bagi para perantau.

2. Brem

Brem merupakan makanan khas Wonogiri yang terbuat dari fermentasi tepung ketan. Rasanya yang manis dan legit cocok dinikmati bersama teh hangat. Brem Wonogiri memiliki tekstur yang renyah dan tidak lengket di tangan, membuatnya mudah dinikmati.

3. Geti Wijen

Geti wijen adalah camilan tradisional Wonogiri yang terbuat dari wijen, gula jawa, dan jahe. Perpaduan rasa manis, gurih, dan sedikit pedas dari jahe menghasilkan rasa yang unik dan lezat. Geti wijen biasanya dibentuk kotak tipis dan dipotong sesuai selera.

Baca Juga :  Antimainstream, Pelantikan PPS Wonogiri Digelar di Waduk Pidekso Giriwoyo

4. Tempe Benguk

Wonogiri terkenal dengan varietas benguknya yang khas. Tempe benguk diolah menjadi berbagai hidangan, salah satunya keripik tempe benguk. Camilan ini menjadi favorit saat Lebaran karena rasanya yang gurih dan renyah.

5. Sambal Cabuk

Sambal cabuk merupakan sambal khas Wonogiri yang terbuat dari wijen, cabai rawit, tomat, bawang merah, bawang putih, dan rempah-rempah. Sambal ini memiliki rasa pedas dan gurih yang cocok dinikmati bersama nasi hangat atau lauk lainnya.

6. Kue Tradisional

Lebaran di Wonogiri juga dimeriahkan dengan berbagai kue tradisional, seperti klepon, brownies tiwul, dan lainnya. Kue-kue ini biasanya dibuat sendiri oleh keluarga atau dibeli di toko kue.

7. Hidangan Berkuah

Selain hidangan kering, Lebaran di Wonogiri juga dimeriahkan dengan hidangan berkuah, seperti opor ayam, soto daging, dan gulai kambing. Hidangan ini biasanya disantap bersama keluarga besar. Jangan lupa ada juga aneka olahan ikan.

8. Minuman Tradisional

Baca Juga :  Artise Bulukerto Wonogiri Pencuri TV dan Kipas Angin Akhirnya Tertangkap

Lebaran di Wonogiri tidak lengkap tanpa minuman tradisional, seperti dawet, cendol, dan teh jahe. Minuman-minuman ini menyegarkan dan cocok dinikmati saat cuaca panas.

Menikmati Makanan Khas Lebaran Wonogiri

Makanan khas Lebaran Wonogiri merupakan tradisi yang dijaga dan dilestarikan oleh masyarakat setempat. Hidangan-hidangan ini tidak hanya lezat, tetapi juga memiliki makna dan nilai budaya yang tinggi. Bagi para perantau, mencicipi makanan khas Lebaran Wonogiri menjadi momen nostalgia dan kebersamaan yang dirindukan.

Jika Anda ingin mencicipi makanan khas Lebaran Wonogiri, berikut beberapa tips:

– Kunjungi Wonogiri saat Lebaran: Ini adalah waktu terbaik untuk menikmati berbagai hidangan khas Lebaran Wonogiri.
– Bertanyalah kepada penduduk setempat: Mereka dengan senang hati akan menunjukkan tempat terbaik untuk menikmati makanan khas Lebaran.
– Belilah oleh-oleh: Anda dapat membeli berbagai makanan khas Lebaran Wonogiri untuk dibawa pulang.
– Cobalah resepnya sendiri: Anda dapat menemukan resep makanan khas Lebaran Wonogiri di internet atau buku masak. Aris Arianto 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com