JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Ndarboy Genk Asli Jogja, Sasya Arkhisna Asal Kediri-Bangun Generasi Beriman dan Bertaqwa Mulia, SMPN 3 Wonogiri Gelar ROHANI

ROHANI
Pelaksanaan ROHANI di SMPN 3 Wonogiri. Dok. SMPN 3 Wonogiri
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Di tengah arus globalisasi dan perkembangan teknologi yang pesat, SMPN 3 Wonogiri berkomitmen untuk membangun karakter peserta didik melalui kegiatan pembiasaan ROHANI (Rabu Doa Hafalan dan Ibadah).

Kegiatan ini dilaksanakan setiap Rabu dengan tujuan untuk menumbuhkan profil pelajar Pancasila yang beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia.

Kegiatan ROHANI dibagi menjadi dua kelompok. Peserta didik yang beragama Islam berkumpul di halaman upacara untuk mengikuti kegiatan yang dipandu oleh guru agama Islam Emilia Aida Musthofa.

Pada minggu pertama, siswa berlatih menulis dan membaca doa sehari-hari. Pada minggu kedua, mereka fokus pada hafalan surat-surat dalam Alquran dan ibadah.

Sementara itu, peserta didik non-Muslim dikumpulkan di ruangan keagamaan dan dipandu oleh Endang Susilowati dan Heneng Wahyudi. Mereka mengikuti kegiatan yang disesuaikan dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

Baca Juga :  Contoh Upaya Mengenalkan Sosok Kartini dan Nilai nilai Mulianya Sejak Dini

Pada minggu berikutnya, diadakan tauziah dari guru atau ustad untuk memberikan siraman rohani dan memperkuat pemahaman siswa tentang nilai-nilai agama.

ROHANI bukan sekadar kegiatan keagamaan, tetapi juga upaya untuk membangun karakter siswa dan memberikan kesehatan jiwa. Di era digital ini, dimana generasi Z mudah terpengaruh oleh berbagai konten negatif, sekolah perlu mengambil peran aktif dalam menggerakkan pendidikan karakter.

ROHANI membantu siswa untuk memperkuat iman dan taqwa, sehingga mereka dapat terhindar dari pengaruh negatif dan menjadi pribadi yang berakhlak mulia. Tindak lanjut dari perkembangan hafalan siswa akan ditinjau oleh guru agama setiap kali masuk kelas.

Kepala SMPN 3 Wonogirin Ais Widayanti, menegaskan bahwa ROHANI merupakan salah satu program unggulan sekolah dalam membangun karakter siswa.

Baca Juga :  Ribuan Benih Padi Sunggal Mendarat di Slogohimo Wonogiri

“Proses perbaikan karakter di SMPN 3 Wonogiri sedikit demi sedikit mulai berjalan dengan baik. Hal ini menepis anggapan bahwa SMPN 3 tempat anak-anak nakal. Membentuk karakter setiap siswa menjadi tanggung jawab semua pihak, dan implementasi nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan menjadi suatu kebiasaan bagi siswa melalui pembiasaan ROHANI,” tandas Kepala SMPN 3 Wonogiri Ais Widayanti, Rabu (3/4/2024).

Kegiatan ROHANI di SMPN 3 Wonogiri merupakan contoh nyata bagaimana sekolah dapat berperan aktif dalam membangun generasi beriman dan berakhlak mulia. Dengan menanamkan nilai-nilai agama dan karakter sejak dini, diharapkan siswa dapat menjadi pribadi yang tangguh dan siap menghadapi berbagai tantangan di masa depan. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com