JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Satreskrim Polres Sragen Sidak SPBU Antisipasi Kecurangan Penjualan Jelang Mudik Lebaran 2024, Ini Yang Ditemukan !

Satreskrim Polres Sragen Sidak SPBU Antisipasi Kecurangan Penjualan Jelang Mudik Lebaran 2024 || Foto Huriyanto
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Baru-baru ini marak beredar kabar penjualan bahan bakar bercampur air di SPBU disejumlah wilayah di Indonesia, hal itu menjadi khawatiran warga atau komsumen membeli bahan bakar untuk kendaraan mereka.

Untuk mengantisipasi kecurangan itu, jajaran Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Sragen menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di sejumlah wilayah hukum Polres Sragen jelang lebaran Idul Fitri 2024 untuk memastikan dan mengantisipasi kecurangan tersebut, Jumat (29/3/2024) kemarin.

Dalam sidak di SPBU wilayah Sragen ini dipimpin langsung Kasat Reskrim Polres Sragen AKP Wikan Sri Kadiyono, pihaknya bersama anggota memastikan penjualan bahan bakar di Sragen tidak ada kecurangan dan memantau stok aman jelang mudik lebaran 2024, selain itu dalam sidak kali ini juga memantau langsung tera timbangan SPBU.

“Iya kemarin kami dari Satreskrim Polres Sragen melakukan sidak di beberapa SPBU di wilayah Sragen untuk memastikan tidak adanya rekayasa dan permainan oleh pengusaha dalam penjualan BBM di kabupaten Sragen, apa lagi menjelang mudik lebaran Idul Fitri,” kata AKP Wikan Sri Kadiyono pada JOGLOSEMARNEWS.COM Minggu (31/3/2024).

Baca Juga :  Kebakaran Kandang Ayam Milik Anggota DPRD Sragen di Desa Karanganyar, 60000 Ekor Ayam Mati Terpanggang

Bahkan saking jelinya pihak Satreskrim Polres Sragen juga meminta pihak penggelola SPBU Sragen membuka alat ukur pada mesin satu persatu di SPBU yang disambangi pun diminta untuk dibuka dan dilakukan pengecekan. Tak hanya itu, tim juga meminta petugas untuk menunjukkan persamaan antara BBM yang keluar dengan perhitungan di mesin.

Sementara itu, dari hasil pemantauan SPBU rest area yang berada di Kabupaten Sragen yang notabene kerap dipilih pemudik untuk melintas pulang ke kampung halamannya itu, tidak ditemukan adanya kecurangan.

“Dari beberapa SPBU yang sudah dilakukan sidak, tidak kami temukan adanya kecurangan atau pun rekayasa. Artinya, antara jumlah yang tertera dan bbm yang dikeluarkan sama, bahkan kita juga mengecek buku laporan dari pengawas SPBU terkait pendistribusian BBM selama seminggu terakhir,” bebernya.

Kendati begitu, Kasat Reskrim Polres Sragen memastikan sidak sendiri akan terus dilakukan secara hingga arus balik Lebaran. Ia pun berharap dengan dilakukan monitoring ini pihkanya sekaligus memberikan informasi dan kenyamanan pada masyarakat dan pemudik bahwa tidak kawatir dengan permasalahan kecurangan BBM.

“Tidak ditemukan terkait adanya dugaan pelanggaran atau penyalahgunaan BBM. Untuk stok BBM baik Solar, Pertalite dan Pertamax terpantau masih aman diperkirakan dapat memenuhi kebutuhan warga masyarakat dalam melaksanakan mudik Hari Raya Idul Fitri. Bahwa 2 hari yang lalu telah dilakukan pengecekan tera oleh UPTD Metrologi Kabupaten Sragen dengan hasil sudah sesuai takaran,” bebernya.

Baca Juga :  Prihatin Pembangunan Pabrik Sepatu di Sragen Dibatalkan, Anggota DPRD Desak Dinas Kejar Investor Jangan Sampai Lari Ke Luar Negeri

Adapun SPBU yang dilakukan di hari pertama monitoring antara lain SPBU  Pertamina Sragen 41.572.01 Rest Area 519A dan SPBU  Pertamina Sragen 41.572.02 Rest Area 519B.

Terpisah, Agung Purwanto selaku Maneger SPBU 44.57.207 Jetak, Sidoharjo, Sragen pada JOGLOSEMARNEWS.COM mengatakan bahwa SPBU Jetak sudah sangat siap menyambut pemudik dan sangat siap melayani penjualan bahan bakar selama mudik dan arus balik.

“Kalau untuk lebaran tahun ini tidak ada tambahan kuota, akan tetapi nanti akan ada satgas bela ada kehabisan mendadak nanti bisa langsung ke depo dan mobil datang, untuk penjualan bahan bakar disini ada Pertalix, Pertamax, Pertamax turbo, bio solar dan Dexlite. Kami siap menyambut dan melayani pembelian bahan bakar selama mudik lebaran dan arus balik,” ujarnya.

Huri Yanto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com