JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Jumlah TPS dalam Pilkda 2024 di Boyolali Diprediksi Turun

Ilustrasi || Simulasi pemungutan suara Pilkada Wonogiri 2020. JSNews. Aris Arianto
   

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM – KPU Boyolali mulai memetakan TPS untuk gelaran Pilkada 2024. Pada prediksi perhitungan awal, jumlahnya diperkirakan sebanyak 2.006 TPS. Namun, angka tersebut diprediksi turun.

Sebelumnya, KPU Boyolali telah melakukan perkiraan awal untuk jumlah TPS dalam Pilkada mendatang. Jumlah tersebut berbeda dengan Pemilu April lalu. Lantaran jumlah pemilih tiap TPS berbeda. Pada pemilu lalu, jumlah pemilih ditetapkan 300 DPT per TPS.

Pada Pemilu 2024 ada lima jenis surat suara. Yakni, presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi serta kabupaten. Kemudian masing-masing jenis pemilihan berjumlah 843.809 surat suara. Sedangkan jumlah TPS di Boyolali ada sebanyak 3.409 tempat.

Baca Juga :  Halo Warga Boyolali Ikutilah Turnamen Bulutangkis Agus Irawan Cup 2024 di Simo, Catat Tanggalnya!!

Sesuai perhitungan awal KPU, tiap TPS akan melayani 500 DPT. Sehingga estimasi awal kebutuhan TPS sebanyak 2.006. Namun, angka tersebut diprediksi berubah karena alokasi jumlah DPT tiap TPS diprediksi bertambah.

“Pemetaan TPS masih berjalan. Pemetaan ini dilakukan oleh PPK yang telah dilantik awal bulan lalu. Kemungkinan masih berubah. Info terakhir maksimal 600 DPT per TPS,” ujar Komisioner KPU Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Muhammad Rohani, Minggu (26/5/2024)

Baca Juga :  Ribuan  Pelajar di Boyolali Hadiri Merdeka Ekspo Talenta Pendidikan 2024

Ditambahkan, dalam Pilkada tahun ini akan ada dua jenis surat suara. Yakni, pemilihan gubernur (Pilgub) dan pemilihan bupati (Pilbup). Sedangkan jumlah TPS masih akan dilakukan coklit data pemilih.

“Kemungkinan bisa di bawah dari perkiraan awal 2.006 TPS,” ujarnya.  Waskita

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com