JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Perlancar BAB dengan 5 Minuman Ini

secangkir kopi hitam
Ilustrsai secangkir kopi. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Masalah saat buang air besar yang sering dialami oleh orang banyak adalah sembelit atau kesulitan mengeluarkan kotoran. Sembelit menyebabkan rasa tidak nyaman, sakit, dan tidak bagus jika dibiarkan terlalu lama.

Hal yang sering dilakukan oleh penderitanya adalah dengan meminum obat pencahar untuk mengatasi masalah tersebut. Tetapi, terlalu sering konsumsi obat pencahar juga tidak direkomendasikan oleh medis.

Dilansir dari Netmeds, berikut lima minuman kesehatan yang bagus untuk menghilangkan sembelit serta perlancar BAB:

1. Jus Apel

Buah apel memiliki kandungan fertilite sorbitol yang dapat membantu perlancar buang air besar dan melawan sembelit. Selain mengandung pektin dan serat tinggi bagus untuk pencernaan manusia, jus apel juga memberikan nutrisi berupa kadar vitamin A dan C serta kalsium. Jus apel disarankan langsung dihabiskan jika baru dibuat agar tidak mudah teroksidasi.

Baca Juga :  Apakah Tanggal Kedaluwarsa Makanan Mutlak sebagai Patokan? Ini Penjelasan Pakar

2. Minyak Castor

Meskipun tergolong kuno, obat herbal ini terbukti sangat ampuh dalam menangani kram perut serta usus yang bekerja melambat dan menghasilkan feses lebih keras. Bisa dibilang minyak castor adalah obat pencahar versi alaminya. Penderita sembelit bisa mencampur minyak castor dengan air lemon dan minum dalam keadaan perut kosong. Ini membantu meningkatkan proses pencernaan dan gerakan peristaltik di usus.

3. Kopi

Ada yang merasa saat minum kopi jantung terasa berdebar dan perut mulas? Maka, inilah fungsi lain dari minuman berkafein. Kopi memiliki kandungan asam klorogenik yang memicu sekresi asam pada saluran pencernaan manusia. Sekresi asam ini akan memicu gerakan peristaltik dalam usus, lalu mengirim sinyal ke otak untuk saatnya buang air besar. Sebuah penelitian mengungkapkan minum kopi setelah dua puluh menit kebanyakan orang memiliki hasrat untuk buang air besar.

Baca Juga :  Bijaklah Makan Gorengan, Ini Bahayanya Jika Konsumsi Berlebihan

4. Jus Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya juga memiliki senyawa bioaktif yang sama fungsinya dengan obat pencahar instan. Tidak hanya mendorong feses untuk lebih lembek, lidah buaya juga memiliki peran untuk menghidrasi tubuh manusia. Jus lidah buaya bisa dicampur dengan air lemon untuk lebih segar, dan direkomendasikan diminum saat perut sedang kosong.

5. Teh Herbal

Untuk yang sedang aktif diet, mungkin tidak asing untuk mendengar teh herbal dari Cina. Teh herbal tersebut ampuh memicu BAB lancar, namun harus hati-hati mengonsumsinya. Salah penggunaan justru bisa menyebabkan diare berkepanjangan. Ada teh herbal lain yang lebih aman dikonsumsi, yakni mint tea. Mint tea memiliki sifat antipasmodik dan karminatif yang mendukung fungsi pencernaan. Sedangkan kandungan metanolnya bagus untuk mencegah kram perut, melemaskan otot, hingga memudahkan BAB.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com