JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

RS UNS Solo Raih Penghargaan dari American Heart Association atas Kinerja Pelayanan Klinik Gagal Jantung

Rumah Sakit (RS) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo meraih Penghargaan dari American Heart Association atas Kinerja Pelayanan Klinik Gagal Jantung. Penghargaan tersebut diberikan di Jakarta, 4 Mei 2024 lalu. Istimewa
ย ย ย 

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Rumah Sakit (RS) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo meraih Penghargaan dari American Heart Association atas Kinerja Pelayanan Klinik Gagal Jantung. Penghargaan tersebut diberikan di Jakarta, 4 Mei 2024 lalu.

Direktur RS UNS, Prof Hartono mengatakan, diperolehnya penghargaan tersebut bukan merupakan hasil akhir atau akhir dari suatu proses.

“Justru ini adalah awal dari suatu proses dengan pengakuan tingkat Internasional terkait pelayanan jantung. Harapannya, semakin hari kita dapat meningkatkan kualitas layanan, khususnya di Klinik Gagal Jantung,โ€ ujarnya, Kamis (30/5/2024).

Klinik Gagal Jantung RS UNS sendiri telah dibentuk pada Desember 2017, yang kemudian diresmikan dan beroperasi penuh pada 12 Agustus 2019. Klinik khusus ini dijalankan sesuai dengan registri besar gagal jantung (CORE-HF), simposium nasional/internasional gagal jantung (SOC-HF), dan pengabdian masyarakat (HEARTALK).

Pada tahun 2022, Klinik khusus ini juga telah mendapatkan pengakuan dari Walikota Surakarta, dan masih menjadi satu-satunya klinik gagal jantung di Jawa Tengah yang terafiliasi dengan Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskuler Indonesia (PERKI).

Baca Juga :  RS UNS Canangkan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM

Angka kejadian gagal jantung Indonesia adalah tertinggi yang ada di Asia. Di RS UNS sendiri dari tahun 2017 hingga 2022, ada sekitar 1.200 pasien gagal jantung, angka tersebut terhitung sangat besar untuk wilayah Solo Raya. Dr. dr. Habibie Arifianto, Sp.JP(K), M.Kes, FIHA, selaku Kepala KSM Jantung dan Pembuluh Darah RS UNS dan dr. Irnizarifka, Sp.JP(K), FIHA, FAPSC, FAsCC selaku Kepala Instalasi Laboratorium Kateterisasi RS UNS bercita-cita untuk memberikan pelayanan penyakit jantung yang aman.

โ€œRumah Sakit UNS sudah menstandarisasi pelayanan jantung, harapannya pasien gagal jantung dapat mengalami perbaikan setelah berobat. RS UNS juga tercatat dapat menurunkan angka kematian gagal jantung dan keluar masuk berulang akibat gagal jantung mulai dari 2017 hingga saat ini,โ€ imbuh dr. Habibie.

Baca Juga :  Deklarasi Grebek Sadar, Gerakan Akar Rumput Dukung Sudaryono Maju Pilgub Jateng 2024

Di sisi lain, pengakuan dari American Heart Association adalah penghargaan terhadap Klinik Gagal Jantung RS UNS atas konsistensi selama 2017 hingga 2023. Konsistensi untuk merawat pasien-pasien gagal jantung, ketersediaan obat dan dosis yang sesuai standar internasional.

RS UNS juga melakukan pencarian etiologi atau penyebab gagal jantung dan mengatasi langsung dari akarnya menggunakan alat-alat berstandar,โ€ tambah dr. Habibie.

dr. Irnizarifka, SpJP(K), FIHA, FAPSC, FAsCC selaku Kepala Instalasi Laboratorium Kateterisasi RS UNS menambahkan, RS UNS terus mengobati pasien sesuai dengan standar internasional, dan dimuat dalam tulisan ilmiah yang dipublikasikan.

“Sehingga dari situ, dapat diketahui tingkat kematian pasien gagal jantung di RS UNS dalam satu tahun adalah 7,4 persen, dimana angka tersebut sangat kecil dibandingkan dengan registri data Eropa dan Asia,โ€ tutur dr. Irnizarifka. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com