JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Minta Masyarakat Hati-hati, Gibran Sebut PSN Satu-satunya Cara Tekan Kasus DBD

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. Ando
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menegaskan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) merupakan satu-satunya cara menekan kasus demam berdarah dengue (DBD) yang terus melonjak saat ini. Untuk itu, ia meminta agar masyarakat terus berhati-hati.

“Sementara itu (PSN) satu-satunya cara,” ujarnya di Solo, Kamis (30/5/2024).

Gibran berharap masyarakat terua waspasa dan gencar menjalankan PSN untuk mengantisipasi penambahan kasus DBD di Kota Solo. Terlebih, peningkatakn kasus DBD terjadi tidak hanya di Kota Solo, namun di hampir sebagian besar wilayah di Indonesia.

Baca Juga :  Mahasiswa UMS Berikan Pengabdian Kepada Caregiver Alzheimer

“Pokoknya hati-hati semua, di kampung-kampung,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Solo Retno Erawati Wulandari menjelaskan, pemantauan jentik nyamuk terus dilakukan secara berkala dengan melibatkan petugas puskesmas. Upaya itu digencarkan untuk menekan kasus DBD.

“Ini dilakukan oleh puskesmas dengan kader-kader juru pemantau jentim. Tidak bisa hanya satu saja karena nyamuk ini terbang. Kalau di satu tempat rajin melakukan PSN, tetangganya tidak melakukan PSN ya sama saja. Itu tidak menyelesaikan masalah,” tuturnya.

Baca Juga :  Resmi Jadi Member Rotary, Diah Warih : Prioritas Pada Pengabdian Sosial

Menurut Retno, upaya PSN lebih efektif untuk mencegah DBD dibandingkan dengan fogging.

“Jadi sejak ada jentik atau telur itu sudah terbasmi, beda dengan fogging yang hanya membunuh nyamuk dewasa. Kalau jentiknya tidak dibasmi ya menularkan DBD,” ungkapnya. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com