JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Terjadi di Pracimantoro Wonogiri, Penampakan Perpaduan Apik 116 dan 283

Tari
Penampilan siswi SMPN 1 Pracimantoro Wonogiri membawakan tarian saat digelar upacara peringatan Hari Jadi Wonogiri dan Hari Kebangkitan Nasional, Senin (20/5/2024). Istimewa
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-116 dan Hari Jadi ke-283 Kabupaten Wonogiri tahun 2024, Kecamatan Pracimantoro Wonogiri menyelenggarakan Upacara Bendera yang khidmat di Lapangan SMPN 1 Pracimantoro Senin (20/5/2024).

Acara diikuti sekitar 500 peserta, termasuk Kepala Sekolah Negeri/Swasta SMP, SMA, dan SMK, siswa-siswi SMPN 1 Pracimantoro, Forkompimcam Pracimantoro Wonogiri beserta anggotanya. Selanjutnya Kepala UPDT Puskesmas, Korwil bidang Pendidikan, Kepala Dinas instansi, Kades/Lurah dan perangkatnya, serta seluruh OPD Kecamatan Pracimantoro.

Mengangkat tema “Nyawiji Migunani” yang berarti “Menyatu dan Memberikan Manfaat”, upacara ini menjadi momen untuk memperkuat persatuan dan semangat membangun bersama.

Semangat ini sejalan dengan semangat Hari Kebangkitan Nasional yang membangkitkan rasa nasionalisme dan kemerdekaan.

Baca Juga :  Cek Pengumuman Hasil SNBT Hari ini, Kamu Diterima Tidak?

Sebelum upacara dimulai, para peserta dihibur dengan persembahan tari Gambyong Mari Kangen, tari Gugur Gunung, dan tari Kreasi Niti Raga oleh siswi-siswi SMPN 1 Pracimantoro. Upacara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Sejarah Singkat Hari Jadi Wonogiri.

Camat Pracimantoro Warsito, bertindak sebagai Inspektur Upacara menyampaikan sambutan dan pidato Bupati Wonogiri Joko Sutopo dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional dan Hari Jadi Kabupaten Wonogiri.

Dalam sambutannya, Bupati Wonogiri Joko Sutopo, menyampaikan bahwa rintangan tidak akan mematahkan semangat, justru menjadi motivasi untuk selalu melakukan perubahan menjadi semakin baik.

“Momentum ini menjadi sangat relevan untuk terus menumbuhkan dan menguatkan semangat untuk bangkit, memberi sumbangsih untuk daerah, bangsa, dan negara,” ungkap dia.

Baca Juga :  Truk Nggoling di Tunggangan Wonogiri, Bawa Makaroni Korban Gmaps

Petugas upacara merupakan kolaborasi dari seluruh jajaran instansi di Kecamatan Pracimantoro dan Paskibra dari SMKN 1 Pracimantoro dan regu koor dari siswi-siswi SMPN 1 Pracimantoro turut memeriahkan acara.

Kepala SMPN 1 Pracimantoro Juwariyah, mengapresiasi kepercayaan yang diberikan sebagai tempat pelaksanaan upacara bendera di Kecamatan Pracimantoro Wonogiri. Acara kemudian dilanjutkan dengan ramah tamah bersama para peserta upacara.

Upacara Hari Kebangkitan Nasional dan Hari Jadi Wonogiri di Pracimantoro ini diharapkan dapat membangkitkan semangat persatuan dan kerja sama untuk membangun daerah, bangsa, dan negara. Semangat “Nyawiji Migunani” menjadi pengingat bahwa dengan bersatu dan saling memberi manfaat, dapat mencapai kemajuan yang lebih besar. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com