JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Video: 2 Gunungan Grebeg Besar Keraton Solo Diserbu Warga

   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Keraton Kasunanan Surakarta kembali menyelenggarakan tradisi Pareden Garebeg Besar atau Grebeg Besar dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah pada hari Selasa (18/6/2024).

Upacara adat tahunan ini selalu menarik perhatian masyarakat, tak terkecuali pada tahun ini. Ribuan warga dari berbagai daerah memadati Alun-alun Keraton Kasunanan Surakarta untuk menyaksikan prosesi dan berebut gunungan, yaitu tumpukan hasil bumi dan makanan kering yang menjadi puncak acara.

Baca Juga :  Hadapi Pikada Solo 2024, Gerindra Jalin Koalisi Dengan 7 Parpol Non Parlemen

Dua gunungan yang dinamakan Gunungan Wadah dan Gunungan Larung diarak keluar dari Keraton Kasunanan Surakarta menuju Alun-alun. Gunungan Wadah berisi berbagai hasil bumi seperti padi, jagung, dan umbi-umbian, sedangkan Gunungan Larung berisi aneka makanan kering seperti kue, jajanan, dan buah-buahan.

Baca Juga :  API Sebut Dunia Industri Tekstil Dalam Negeri Bermasalah

Setelah dibacakan doa, kedua gunungan tersebut kemudian dibagikan kepada masyarakat yang telah berebut dengan penuh semangat. Tradisi berebut gunungan ini dipercaya membawa berkah dan keberuntungan bagi yang mendapatkannya.

Insan Dipo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com