JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Catat! Rute Kirab Malam 1 Sura Pura Mangkunegaran Tahun Ini Diperpanjang Hingga Ngarsopuro dan Slamet Riyadi

Pura Mangkunegaran bakal menggelar Kirab Pusaka Malam 1 Sura Minggu (7/7/2024) mendatang. Berbeda dengan tahun sebelumnya, rute kirab akan diperpanjang kali ini. Triawati
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Pura Mangkunegaran bakal menggelar Kirab Pusaka Malam 1 Sura Minggu (7/7/2024) mendatang. Berbeda dengan tahun sebelumnya, rute kirab akan diperpanjang kali ini.

Pengageng Praja Mangkunegaran, KGPAA Mangkoenegara X mengatakan, kirab yang akan dilaksanakan mulai pukul 19.00 WIB tersebut sengaja mengambil rute lebih panjang dibandingkan rute tahun sebelumnya. Diketahui, sebelumnya rute kirab hanya mengitari Pura Mangkunegaran.

“Rute kirab pusaka tahun ini akan diperpanjang dari biasanya. Kalau biasanya memutar tembok Pura, tahun ini kita menarik sedikit lebih jauh ke arah Ngarsopuro dan Slamet Riyadi lalu kembali memutari tembok Pura,” ujarnya, Jumat (28/6/2024).

Baca Juga :  Sapa Tetangga, Bacaleg Diah Warih Ajak Makan Setup Makaroni

Mangkunegara X menambahkan, perpanjangan rute sengaja dipilih untuk lebib mendekatkan diri dengan masyarakat umum. Selain itu, ia memastikan rute tersebut pernah dijalani oleh Mangkunegara IX.

“Alasan tentu dari sisi kebudayaan, bagaimana saat ini Ngarsopuro sudah dibangun. Secara historis, secara fisik Gapura Mangkunegaran di Ngarsopuro. Kita ingin maksimalkan juga agar keterlibatan masyarakat bisa luas,” imbuhnya.

Baca Juga :  CentennialZ bersama GenZ di Solo Menggelar Nobar Film Lafran, Mengenang Pahlawan Mahasiswa Islam

Di sisi lain, Mangkunagoro X menekankan, Kirab Pusaka Malam 1 Sura menjadi momen menyambut malam Tahun Baru Jawa. Ia berharap Pura Mangkunegaran mampu lebih dekat dengan masyarakat Solo dan sekitarnya.

“Kami lakukan tahun ini untuk lebih mendekatkan diri ke masyarakat Solo dan sekitarnya. Bahwa Kirab Pusaka momen Malam 1 Sura ini momen kita semua. Ini acara yang difasilitasi Mangkunegaran dan menjadi bagian kebudayaan masyarakat Solo dan sekitarnya,” ungkapnya. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com