JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Lebih Cepat, MTA Bakal Gelar Salat Idul Adha, Minggu Besuk di Lapangan Parkir Stadion Manahan

Ilustrasi salat Idul Ied. Foto ilustrasi. Dok
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Majelis Tafsir Al-Quran (MTA) bakal menggelar salat Idul Adha 1445 H pada hari Minggu (16/06/2024) besok di Lapangan Parkir Stadion Manahan.

Gelaran salat Id dari MTA ini lebih cepat sehari dari pemerintah Indonesia yang jatuh pada 17 Juni 2024.

Ketua Panitia Salat Idul Adha MTA, Suprapto mengatakan bahwa pihaknya mengikuti penetapan 1 Dzulhijjah oleh Arab Saudi. Menurutnya, keputusan tersebut bukan karena masalah pilihan.

“Nggih, betul (salat Id hari Minggu). Jadi bukan masalah pilihan, artinya kita sudah biasa bahwa ketika nanti ada wukuf di Arafah hari Sabtu, dan dilaksanakan hari Sabtu jadi kita puasa Arafah. Lha besoknya (Minggu) setelah kita puasa Arafah maka kita Id Adha (Idul Adha),” ujarnya.

Baca Juga :  Tembok Talut Longsor, 2 Warga Mojosongo Solo Meninggal Dunia

Suprapto menjelaskan, MTA berpedoman saat jamaah haji menjalankan ibadah Wukuf di Arafah maka saat itu juga umat Islam menjalankan puasa Arafah.

“Ketika setelah puasa Arafah kita menjalankan Id Adha (idul adha) jadi ini bukan pembeda, bukan. Dari dulu mta sudah 52 tahun seperti ini. (Mengikuti Arab Saudi). Betul, Iya ada wukuf disunahkan puasa Arafah,” ucapnya.

Baca Juga :  Hasil Survei Pilkada Solo: Gusti Bhre Ungguli Teguh dan Kaesang, Sekar dan Ferry Indrianto Membuntuti

Lebih lanjut, pihaknya telah mengantongi izin penggunaan lapangan parkir Manahan dari Pemkot Solo. Jamaah yang hadir diperkiraan sekira 25 hingga 30 ribu jamaah.

“Sudah dapat izin dari Pemkot melalui Dispora di lapangan Parkir Manahan. Seperti biasanya nanti untuk jamaah MTA yang terdekat, Solo, Sragen, Karanganyar. Itu bisa merapat ke Manahan. Kalau orientasi kami berdasarkan ketersedian tempat 25-30 ribu masih nyaman,” sambungnya.

Salat Idul Adha sendiri akan dilaksanakan pukul 06.00 WIB. Bertindak sebagai Imam dan Khotib yakni pimpinan MTA Ustaz Nur Kholid Syaifullah. Ando

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com