JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Pesta Rakyat Peringati 1 Tahun Organisasi Semar Desa di Pura Mangkunegaran Dihadiri Wiranto

Ketua Dewan Pertimbangan Presiden RI, Wiranto menghadiri kegiatan Pesta Rakyat Desa dalam rangka memperingati satu tahun organisasi Semar Desa, di Pura Mangkunegaran Solo, Kamis (26/6/2024) malam. Terlihat juga Adipati Pura Mangkunegaran, Mangkunagoro X turut menghadiri kegiatan tersebut. Prihatsari
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Ketua Dewan Pertimbangan Presiden RI, Wiranto menghadiri kegiatan Pesta Rakyat Desa dalam rangka memperingati satu tahun organisasi Semar Desa, di Pura Mangkunegaran Solo, Kamis (26/6/2024) malam. Terlihat juga Adipati Pura Mangkunegaran, Mangkunagoro X turut menghadiri kegiatan tersebut.

Dalam kesempatan tersebut Wiranto mengapresiasi kiprah Semar Desa turut memajukan bangsa. Menurutnya, Semar Desa berperan membantu pemerintah dalam hal tersebut.

“Semar Desa akan terus membantu pemerintah. Pak Prabowo siap melanjutkan pembangunan untuk mencapai tataran lebih tinggi. Semar Desa membantu beliau membangun negeri,” tegasnya.

Wiranto menambahkan, Indonesia memiliki 83.700 an desa. Artinya mayoritas penduduk Indonesia tinggal di desa. Sehingga posisi dan keberadaan desa menjadi sangat strategis dalam pembangunan. Desa harus terus didorong untuk bisa maju dan berkembang.

“Alangkah baiknya jika para mantan aparatur desa, terus disatukan, digerakkan membantu saudara-saudara di desa, membantu aparatur desa, membangun lagi wilayah. Sehingga lakon Semar Mbangun Khayangan ini tepat sekali. Diumpamakan khayangan itu Indonesia Emas 2045. Ini harapan kita,” terangnya.

Sementara itu, Pj Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Komjen Pol Purn Nana Sudjana yang diwakili oleh Kepala Dinsos Jateng, Imam Maskur dalam sambutannya mengatakan ada 7.809 desa di Jateng yang diakui menjadi basis gerakan luar biasa besar ke depannya. Dalam hal ini, kemampuan Semar Desa mengkolaborasi kekuatan desa sebanyak itu jelas berpengaruh signifikan pada perubahan Jateng.

Baca Juga :  Cultural Performance di Solo, Puncak Peringatan 75 Tahun Indonesia-India

Sehingga menurut dia Semar Desa menjadi “Saka Guru” Jateng. Saka Guru dalam arti lain adalah singkatan dari Strategis, Amanah, Kolaboratif, Adil, Gemi, Ubet, Rasional, dan Ubo Rampe.

Delapan poin tersebut dapat menjelaskan eksistensi Semar Desa. Selanjutnya, Nana juga melontarkan pantun tentang Semar Desa. “Terpukul martil sakit terasa, Memar membiru berbalut luka. Teruskan eksistensi Semar Desa, saka guru pembangunan bangsa.”

Di sisi lain, Ketua Umum Semar Desa, Ki Agung “Bakar” Setiyoko menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah hadir. Terutama bagi Dewan Pembina Semar Desa, Wiranto, dan Pengageng Pura Mangkunegaran, MN X.

“Senang sekali malam hari ini kami bisa di Pura Mangkunegaran Solo. Sekarang saudara-saudara kami sangat bahagia sekali bisa cerak ratu adoh watu [dekat ratu jauh dari batu]. Terima kasih sekali untuk KGPAA Mangkunagoro X. Juga terima kasih kepada Pak Pembina atas bimbingan selama ini,” bebernya.

Baca Juga :  Mangkunegara X Blusukan ke Pasar Gede Solo: Menjelang Suro, Momen Untuk Bersilaturahmi

Agung menjelaskan Semar Desa merupakan wadah bagi para mantan kepala desa, bayan, carik. “Yang kemarin ibaratnya sudah tidak laku, tidak punya nama, diangkat lagi, dipoles lagi, sampai mengkilap lagi. Harapannya lahir kembali dan bisa mengembangkan dan mengangkat potensi yang ada,” urainya.

KGPAA Mangkunagoro X menyampaikan selamat datang kepada keluarga besar Semar Desa. Menurutnya, Pura Mangkunegaran merupakan tempat yang penuh cerita, sejarah, tradisi, dan kebudayaan yang panjang. MN X merasa bangga bisa bertemu dengan keluarga besar organisasi Semar Desa.

“Saya ucapkan selamat ulang tahun yang pertama kepada Semar Desa, semoga ke depan bisa menjadi wadah yang terus memberikan manfaat untuk masyarakat, berkontribusi untuk masyarakat, berkarya dan mengangkat potensi yang ada. Semoga ke depan Semar Desa semakin maju dan besar,” tuturnya.

Pesta Rakyat Desa dimulai dengan penampilan tari topeng ireng dan dilanjutkan dengan arak-arakan para tamu VIP. Terlihat juga Sekjen Semar Desa, Anggun Mahardika hadir dalam acara. Acara puncak diisi dengan Pagelaran wayang kulit Ki Dalang Warseno Slenk. Pentas wayang semalam suntuk itu mengambil lakon “Semar Mbangun Khayangan”. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com