JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Sakgedene Rasa lan Usahamu Nggo Aku Hingga Bikin Kerajinan Kawat Bulu, Nyanyi Dulu Bolo

Kawat bulu
Pelatihan pembuatan kerajinan kawat bulu. Panitia
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Nyanyi dulu, bolo, reffnya lagu Kalah by Aftershine ya,”Sakgedene rasa lan usahamu nggo aku… hingga bikin kerajinan kawat bulu,”.

Jadi ceritanya begini, mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah STAIMAS Wonogiri mengikuti pelatihan membuat kerajinan tangan dari kawat bulu beberapa waktu lalu dengan mentor, dosen Prodi ES, Makhda Intan Sanusi. Pelatihan kerajinan kawat bulu ini guna menumbuhkan kreativitas dan jiwa kewirausahaan generasi muda.

Dalam pelatihan, Prodi ES menggandeng Pustakawan STAIMAS, Kharisma Arjuwana. Pelatihan kerajinan tangan ini terfokus pada pembuatan bunga menggunakan kawat bulu.

Baca Juga :  Peluang Usaha Tanpa Modal Dijamin Untung di 2024, Ternyata Bukan Mitos

Sebelum dimulai peserta pelatihan sudah diperlihatkan bunga beserta vasnya yang sudah jadi. Hal ini dimaksudkan agar peserta pelatihan bisa memiliki pandangan terkait bunga yang sesungguhnya.

“Mahasiswa mendapatkan materi tentang ekonomi kreatif sebelum masuk kepada sesi pelatihan. Selain itu, Pelatihan itu tak sekadar pelatihan tapi juga sekalian kompetisi. Tujuannya memotivasi mahasiswa semangat dalam praktek,” kata Makhda Intan Sanusi.

Menurut Makhda Intan Sanusi, peserta dibagi menjadi empat kelompok dan mendapatkan tutorial cara membuat, pengenalan bahan-bahan hingga sampai pada praktek langsung pembuatan per kelompok.

Baca Juga :  Gelar Karya P5 Wali Murid SMPN 1 Jatisrono Wonogiri, Mulai Kontingen Paskibra hingga Display Tanaman

Alat-alat yang dibutuhkan hanya gunting, korek api, lilin dan penggaris. Adapun bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu kawat bulu, tangkai, lem tembak, gelas plastik, dan kardus.

Makhda Intan Sanusi menuturkan, tujuan dilakukannya pelatihan kerajinan tangan itu juga untuk memperkenalkan ide usaha serta mengasah keterampilan bagi generasi muda. Selain itu dengan terlaksananya pelatihan ini, pemuda bisa memanfaatkan ilmunya sebagai ide usaha di kemudian hari. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com