JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Sederet Manfaat Air Zam-zam untuk Kesehatan

Ilustrasi Air Zam-zam. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Air Zam-zam merupakan air yang berasal dari Mekah, yang diyakini membawa berkah saat diminum.. Sumur air zam-zam terletak tidak jauh dari Kabah, air zamzam selalu tersedia bagi jutaan umat Islam dari seluruh dunia sepanjang tahun.

Air zam-zam merupakan salah satu oleh-oleh yang wajib bagi warga negara Indonesia yang pulang dari haji atau umrah.

Sumur air Zam-zam sendiri telah ada sejak zaman Nabi Ibrahim. Dalam AlQuran, disebutkan istri Ibrahim, Siti Hajar, harus berlari antara Bukit Shofa dan Marwah demi mendapatkan air bagi anaknya, Ismail. Tiba-tiba mata air keluar dari dekat kaki Ismail. Sumber mata air itu lah yang menjadi sumur Zam-zam.

Manfaat Air Zam-zam bagi Kesehatan

Perlindungan Tubuh dari Penyakit

Dilansir dari bnp.jambiprov.go.id, dalam tradisi Islam, air zamzam dipercaya memiliki kemampuan melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Kepercayaan ini didukung oleh kandungan mineral penting dalam air zamzam seperti magnesium, kalium, dan natrium yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini juga didukung oleh sebuah hadits yang meriwayatkan:

Keunggulan sebagai Antimikroba dan Antibakteri

Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa air zam-zam bebas dari bakteri, menjadikannya air yang bersih dan suci. Kandungan mineral seperti natrium, kromium, dan nitrogen dalam air zamzam memberikan sifat antimikroba dan antibakteri, yang memberikan perlindungan tambahan terhadap infeksi.

Mendorong pertumbuhan tulang dan mencegah osteoporosis

Dilansir dari makkah-madinah.accor.com, kandungan kalsium yang tinggi dalam air zamzam memiliki dampak positif bagi tubuh manusia, khususnya tulang. Tulang dapat menyerap vitamin dan memanfaatkan kalsium untuk pertumbuhan yang lebih optimal. Tingginya kandungan kalsium ini membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk mencegah osteoporosis dan menjaga kesehatan tulang secara keseluruhan.

Meningkatkan Tingkat Energi dalam Sel

Dr. Knut Pfeiffer, seorang ilmuwan Jerman dan kepala pusat kesehatan terbesar di Munich, telah lama meneliti efek dan manfaat air zamzam. Salah satu teorinya yang paling menarik adalah bahwa air zamzam dapat meningkatkan tingkat energi dan memperkuat sistem sel tubuh manusia, yang telah ia buktikan melalui berbagai penelitian dan uji coba yang tak terhitung jumlahnya.

Bermanfaat untuk kesehatan kulit

Dilansir dari thepilgrim.co, air Zam-zam mengandung 366 mg/L bikarbonat dan dianggap sebagai air paling murni di dunia. Sifatnya yang antikuman, basa, dan antibakteri, ditambah dengan kandungan fluoride, mineral, vitamin, kalsium, dan magnesium yang seimbang, menjadikan air Zamzam sebagai detoksifikasi alami terbaik untuk tubuh dan kulit.

Kulit Anda menyerap apa pun yang dioleskan dan mengalirkannya ke dalam aliran darah. Oleh karena itu, untuk mendapatkan kulit yang bersinar dan segar, oleskan beberapa tetes Air Zam-zam ke kulit Anda.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com