JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

17 Parpol di Wonogiri Deklarasikan Puma, Koalisi Perubahan untuk Maju Siap Menangkan Pilkada 2024

Koalisi
Ketua PSI Wonogiri Zulzaim membubuhkan tanda tangan koalisi PUMA disaksikan Ketua DPD Golkar Wonogiri Bondan Sejiwan Boma Aji. Joglosemarnews.com/Aris Arianto
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Sebanyak 17 parpol di Wonogiri mendeklarasikan berdirinya Koalisi Perubahan untuk Maju disingkat PUMA. Wadah besar itu bakal menyiapkan diri dalam memenangkan kontestasi Pilkada 2024.

Deklarasi PUMA berlangsung di Pendopo Joglo Puri Kamulyan Wonogiri, Jumat (5/7/2024).

Ketujuhbelas parpol di Wonogiri itu terdiri atas partai yang memperoleh kursi di DPRD Wonogiri pada Pemilu 2024 maupun yang belum.

Total 17 parpol di Wonogiri terdiri atas Partai Golkar, PKB, PAN, PKS, Partai Gerindra, Partai Demokrat, PBB, Gelora, PSI, Partai Buruh, PPP, Partai Umat, Perindo, Garuda, Hanura, Nasdem, dan Prima. Para petinggi parpol di Wonogiri menandatangani plakat koalisi PUMA, termasuk Ketua PSI Wonogiri Zulzaim.

Nama koalisi ini yaitu Koalisi Perubahan untuk Maju (PUMA). Ketua DPD Golkar Wonogiri Bondan Sejiwan Boma Aji menyebutkan dalam pendeklarasian Koalisi PUMA belum mengumumkan siapa tokoh yang akan diusung sebagai cabup-cawabup pada Pilkada Wonogiri 2024. Pengumuman pencalonan akan dilaksanakan menyusul.

Baca Juga :  Amalan Sunah Selama Bulan Muharram atau Suro, Muslim Wajib Tahu

Hal itu karena masih ada parpol anggota koalisi yang masih melakukan penjaringan dan penyaringan calon bupati-wakil bupati. Selain itu, masing-masing dewan pimpinan pusat (DPP) partai belum memberikan rekomendasi siapa calon yang akan diusung.

Bondan Sejiwan Boma Aji, menyampaikan koalisi itu tidak lepas dari koalisi partai pada Pilpres 2024. Menurutnya, sebagian parpol itu pada saat Pilpres tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju dan Koalisi Perubahan. Lantaran itu, nama koalisi tersebut bernama Koalisi Perubahan untuk Maju disingkat PUMA.

Pembentukan koalisi parpol di Wonogiri ini juga menjadi cara partai di tingkat bawah memberikan sinyal kepada parpol di tingkat provinsi maupun pusat. Dengan pembentukan koalisi ini diharapkan dewan pimpinan pusat partai segera menurunkan rekomendasi siapa yang akan dicalonkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Wonogiri dalam Pilkada 2024 mendatang.

Baca Juga :  Daftar 5 Desa Peraih Penghargaan Desa Nyawiji Migunani Wonogiri plus 5 Kecamatan Pembina Bernilai Tinggi di Kabupaten Jateng Tenggara

Untuk diketahui, saat ini, ada tujuh partai yang memiliki kursi di DPRD Wonogiri. Ketujuh parpol di Wonogiri itu meliputi Partai Golkar, PKB, PAN, PKS, Partai Gerindra, Partai Demokrat, dan PDI Perjuangan.

Dengan adanya Koalisi PUMA, sementara ini hanya PDIP partai parlemen yang belum menentukan koalisi. Namun demikian, PDI Perjuangan tetap bisa mengusung cabup-cawabup Wonogiri pada Pilkada 2024. pasalnya mengantongi 27 kursi di DPRD Wonogiri.

Sedangkan Koalisi PUMA memiliki 23 kursi di DPRD Wonogiri. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com