JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

KPK Ungkap 6 Juta Paket Bansos Presiden Dikorupsi dengan Nilai Mencapai Rp 125 M

Tessa Mahardhika Sugiarto sebagai Juru Bicara KPK yang baru saat sesi perkenalan dengan awak media, di gedung Komisi Pemberantasan Korupsi, Jakarta, Jumat (7/6/2024). KPK resmi menunjuk mantan Penyidik berasal dari institusi Polri, Tessa Mahardhika Sugiarto sebagai Jubir KPK menggantikan posisi yang sebelumnya dijabat oleh oleh Ali Fikri. Selain itu, Tessa Mahardhika juga pernah mengikuti seleksi untuk jabatan Direktur Pengaduan Masyarakat KPK pada 2020 dan Direktur Koordinasi dan Supervisi Wilayah I pada 2023 | tempo.co
   

 

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Praktik korupsi Bantuan Sosial (Bansos) Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang dikorupsi ternyata mencapai 6 juta paket dengan kerugian negara mencapai Rp 125 miliar.

Hal itu diungkapkan oleh  Juru Bicara sekaligus Kasatgas Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Tessa Mahardhika Sugiarto di di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan pada Kamis (4/7/2024) malam.

Tessa menjelaskan, jumlah bantuan sosial presiden pada Kementerian Sosial (Kemensos) tahun anggaran 2020 mencapai 6 juta paket.

Bansos itu disalurkan untuk program penanganan Covid-19 di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi atau Jabodetabek.

Baca Juga :  Menkominfo Didesak Mundur Usai Kasus Peretasan,  Khairul Anam Duga Bandar Judol Jadi Biangnya

“Kurang lebih sekitar dua juta paket. Jadi, kalau (pengadaan) tiga tahap itu, dikalikan dua juta sekitar enam juta, ya, enam juta paket,” kata Tessa.

Menurutnya, dugaan korupsi Bansos presiden terjadi pada pengadaan tahap 3, 5, dan 6. Nilai kontrak pengadaan bansos presiden di tahap-tahap ini mencapai Rp 900 miliar.

Sementara itu, dugaan korupsi pengadaan bansos presiden ini masih didalami sehingga belum dapat didetailkan bentuk tindak pidana korupsinya.

Sebelumnya, dalam kesempatan berbeda, Tessa Mahardhika menyampaikan penyidikan bansos presiden ini sudah berjalan sejak persidangan perkara korupsi bansos sebelumnya. Namun, saat itu KPK belum bisa mengungkapkan kerugian negara karena prosesnya masih berlangsung.

Baca Juga :  Bertekad Stop Impor Kambing yang Nilainya Capai Rp 37 T, Mentan Targetkan Cetak Peternak di Seluruh Indonesia

Dugaan rasuah itu diperkirakan merugikan keuangan negara sebesar Rp 125 miliar. “Kerugian sementara Rp 125 miliar,” ucap Tessa saat ditemui di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Selasa (25/6/2024).

Pada kasus ini, Direktur Utama PT Mitra Energi Persada (MEP) Ivo Wongkaren alias IW telah ditetapkan KPK sebagai tersangka. “Tersangka IW merupakan pengembangan perkara distribusi bansos yang baru-baru ini sudah diputus oleh Pengadilan Tipikor,” kata Tessa Mahardhika.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com