JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

KRI 2024 di UMS Berlangsung Meriah

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) didaulat sebagai penyelenggara Kontes Robot Indonesia (KRI) 2024 tingkat nasional. Pembukaan kegiatan diselenggarakan Rabu (3/7/2024), di Editorium UMS.  Humas UMS
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) didaulat sebagai penyelenggara Kontes Robot Indonesia (KRI) 2024 tingkat nasional. Pembukaan kegiatan diselenggarakan Rabu (3/7/2024), di Editorium UMS.

Ketua Dewan Juri KRI 2024 Prof Benyamin Kusumoputro mengaku beruntung saat UMS menawarkan diri menjadi tuan rumah KRI 2024. Pasalnya, penyelenggara sempat mengalami kesulitan untuk bisa mendapatkan sebuah venue yang bisa menampung 7 divisi.

Menurutnya, pelaksanaan KRI hanya dilakukan untuk satu divisi tahun 2003. Kemudian berkembang hingga tujuh divisi.

Baca Juga :  Breaking News: UMS Pecat Dosen Pelaku Pelecehan pada Mahasiswi

“Peningkatan tingkat kesulitan ini disesuaikan dengan perkembangan teknologi yang ada seperti dengan memanfaatkan Artificial Intelligence (AI),” ujarnya, Rabu (3/7/2024).

Benyamin menuturkan pelaksanaan KRI 2024 berlangsung dengan meriah. Selain fasilitas, juga melihat dari kemampuan untuk mendanai penyelenggaraan.

“Pelaksanaan di UMS ini mungkin yang paling meriah. Tapi tadi sempat dengar ‘wah ini justru menyulitkan untuk yang berikutnya’ karena standarnya sudah tinggi. Hampir tidak ada kampus yang punya fasilitas untuk 7 divisi ini, mungkin yang berbasis pendidikan,” imbuhnya.

Baca Juga :  Seribuan Warga Baluwarti Deklarasi Dukung Mangkunagoro X Maju Pilwakot Solo 2024

Di sisi lain, Benyamin berharap tahun depan akan ada venue yang memadai lagi. Sementara itu, pelaksanaan kontes tidak seluruhnya digelar offline. Ada juga penyelenggaraan online yang memerlukan koneksi internet dan listrik yang stabil.

“Saya kagum karena terus terang UMS tadi dikatakan tidak mudah untuk menyelenggarakan pertandingan secara online karena cheating itu tidak bisa terdeteksi,” paparnya. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com