JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Mahasiswa Unisri Solo Laksanakan Program Kreativitas di SMK Muhammadiyah 3 Nogosari Boyolali

Mahasiswa Unisri Solo saat melakukan program kreativitas di SMK Muhammadiyah 3 Nogosari, Boyolali / Istimewa
   

BOYOLALI,  JOGLOSEMARNEWS.COM –  Empat mahasiswa Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo melaksanakan Program Kreativitas Mahasiswa Riset Sosial Humaniora di SMK Muhammadiyah 3 Nogosari, Dusun 1, Glonggong, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Keempat mahasiswa tersebut adalah Anik Solekha (ketua kelompok), Fajar Indrajaya (bendahara), serta Melati Purbasari dan Arti Kumala Sari (divisi publikasi media).

Di bawah bimbingan Ahmad Jawandi, dosen pembimbing program, mereka mengusung tema  “Implementasi Pendekatan Cognitive Behaviour Therapy (CBT) Terhadap Decision Choosing Leader Pada Pemilih Pemula Pelajar Gen Z SMK Muhammadiyah 3 Nogosari”.

Ahmad Jawandi, seperti dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews menjelaskan, program tersebut  bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik generasi Z dalam mempertimbangkan sikap memilih serta berpikir kritis sebelum mengambil keputusan.

Baca Juga :  Nyaris Mangkrak, Tinggal 1 Pedagang yang Masih Bertahan di Pasar Ikan Boyolali Ini

Program itu mendapat dukungan penuh dari Kepala SMK Muhammadiyah 3 Nogosari Boyolali, Hidayati Rina Setyawati dan wakilnya, Arfina Lailatul Faiza. Riset dilakukan terhadap 20 siswa, terdiri dari 8 perempuan dan 12 laki-laki selama tiga hari.

Hari pertama, 10 Juni 2024, acara dimulai dengan sesi perkenalan anggota tim dan pemaparan tujuan penelitian. Kemudian, diberikan penjelasan mengenai pendekatan Cognitive Behaviour Therapy (CBT) dan karakteristik Gen Z dalam memilih pemimpin dengan bijak. Sesi tersebut diakhiri dengan penyebaran angket yang diisi para siswa.

Pertemuan kedua 12 Juni 2024, lebih berfokus pada pemaparan tentang penilaian calon pemimpin oleh generasi Z dan tantangan dalam memilih pemimpin yang baik.

Baca Juga :  Nekat Curi Motor di Pasar Sapi Jelok Cepogo, Boyolali,  Dua Pemuda Dibekuk Polisi

“Kami melakukan bimbingan klasikal melalui simulasi permainan dari kartu profil pemimpin,” kata Anik Solekha.

Para siswa kemudian dibagi dalam 5 kelompok untuk menganalisis informasi di kartu dan berdiskusi di kelas.

Adapun pada pertemuan terakhir, 13 Juni, Anik Solekha membagikan angket post-test untuk diisi oleh siswa serta melakukan evaluasi kegiatan. Di akhir kegiatan, para mahasiswa memberikan kenang-kenangan kepada para siswa sebagai bentuk apresiasi.

Mereka juga mengucapkan terima kasih kepada para guru yang telah mendukung dan memfasilitasi kegiatan penelitian ini.

“Ini adalah pengalaman luar biasa yang tak terlupakan. Semoga program ini membantu siswa mengubah pola pikir melalui pendekatan CBT agar bijak dalam memilih calon pemimpin,” pungkas Anik Solekha. Suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com