JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Malam Pertama di IKN Jokowi Mengaku Tak Nyenyak Tidur di IKN

Presiden Joko Widodo mengawali kegiatan kunjungan hari kedua di Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan meninjau langsung kawasan Istana Kepresidenan, pada Senin (29 /7/2024) pagi | tempo.co
ย ย ย 

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM โ€“ Mengawali malam pertama di Ibu Kota Nusantara (IKN), Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku tidak nyenyak tidur . Karena hanya dua hari di IKN, pihak Istana memastikan, Presiden Jokowi tidak mengadakan sidang kabinet pada pekan ini.

Koordinator Khusus Presiden, Ari Dwipayana melalui pesan singkat kepada Tempo, Selasa (30/7/2024) menjelaskan, Presiden akan segera kembali ke Jakarta dan tidak ada sidang kabinet di IKN, Penajem Paser Utara, Kalimantan Timur.

“Tadi malam saya tidur di sini. Gimana? Ee..enggak nyenyak. Saya ngomong apa adanya,โ€ kata Jokowi saat memberi keterangan persย  di Kantor Presiden IKN Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Kalimantan Timur, Senin (29/7/2024).

Untuk diketahui, kedatangan Presiden Jokowi ke IKN diikuti dengan sejumlah influencer. Namun justru keberadaan influencer itu memantik kritik dari pengamat. Pengamat politik Adi Prayitno misalnya, ย mengatakan, yang harus menjadi prioritas Jokowi soal cara investor datang ke IKN.

โ€œApa signifikannya artis itu jadi public relation IKN jika tak mampu mendatangkan investor,โ€ kata Adi Prayitno saat dihubungi oleh Tempo pada Senin (29/7/2024).

Baca Juga :  Prabowo Bakal Sediakan Anggaran Khusus Buru Koruptor, KPK Tunggu Komitmen dan Realisasinya

Sementara itu, pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin menganggap Jokowi mengajak influencer ke IKN hanya untuk memoles citra agar positif. Padahal, pembangunan IKN tahap pertama belum sepenuhnya rampung menjelang akhir jabatan Jokowi.

โ€œKelihatannya Jokowi agak panik, agak stres di masa kepemimpinan beberapa bulan lagi. Jokowi menggunakan cara instan, influencer untuk membangun berita positif. Berita baik kepada publik. Tapi, kan ada gap, kalau IKN belum beres,โ€ ujarnya.

Adapun, Jokowi sendiri memastikan belum ada linimasa jelas soal rencana berkantor di IKN.ย  Alasannya, infrastruktur dasar di wilayah gedung pemerintah masih terus dibangun.

โ€œYa kalau (hari ini) berkantor, ya soft ngantor. Kita melihat situasi (sampai kapan ngantor di IKN),โ€ kata Jokowi di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, dalam keterangan video, Senin (29/7/2024).

Sementara itu, pada Minggu (28/7/2024), Jokowi meresmikan Jembatan Pulau Balang di Kalimantan Timur. Infrastruktur publik itu akan menghubungkan Balikpapan dengan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Baca Juga :  Kunjungan Ridwan Kamil ke Bamus Betawi Sempat Diwarnai Kericuhan, Ini Sebabnya

Dibangun sejak 2015, Jembatan Pulau Balang menggunakan anggaran Rp 1,43 triliun. Sarana ini juga menghubungkan Kalimantan Timur ke Kalimantan Selatan.

โ€œIni infrastruktur pendukung IKN Nusantara,โ€ kata Jokowi dari siaran langsung video YouTube Sekretariat Presiden.

Berkaitan dengan itu, Jokowi juga ย meluncurkan program Golden Visa Indonesia. Pemerintah berharap program itu akan memudahkan warga negara asing (WNA dalam berinvestasi di Indonesia. Jokowi menekankan bahwa Golden Visa hanya diberikan kepada pelancong berkualitas tinggi, sehingga proses seleksinya harus sangat ketat.

Dalam acara yang berlangsung di Hotel Ritz Carlton Kuningan, Jokowi secara simbolis menyerahkan Golden Visa kepada pelatih timnas sepak bola Indonesia, Shin Tae-yong.

“Saya berharap Golden Visa dapat segera disosialisasikan, sehingga dapat terjangkau top investor dan top global talent,” kata Jokowi pada Kamis (25/7/2024). ย “Tapi benar-benar dilihat kontribusinya, jangan sampai justru meloloskan orang-orang membahayakan keamanan negara, orang-orang yang tidak memberi manfaat secara nasional,” ujarnya.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com