JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Parade Kebaya Kukuhkan Kota Solo Sebagai Kota Budaya

Kota Solo semakin mengukuhkan diri sebagai Kota Budaya lewat pagelaran parade kebaya nusantara, Minggu (28/7/2024), di kawasan CFD Jalan Slamet Riyadi. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Hari Kebaya Nasional. Istimewa
ย ย ย 

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Kota Solo semakin mengukuhkan diri sebagai Kota Budaya lewat pagelaran parade kebaya nusantara, Minggu (28/7/2024), di kawasan CFD Jalan Slamet Riyadi. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Hari Kebaya Nasional.

Wali Kota Solo Teguh Prakosa berharap kebaya tidak hanya dijadikan pakaian. Namun juga dijadikan sebagai cermin perilaku.

“Ini hari kebaya, harapannya budaya yang sudah ada dengan yang dipakai saat ini harus disesuaikan dengan perilaku dan ucapan,” ujarnya.

Baca Juga :  Tingkatkan Semangat ASEAN dalam Hadapi Tantangan Global, Daops 6 Yogyakarta Hadirkan ARCEO's Conerence

Teguh mengatakan, melalui kegiatan tersebut sekaligus menjadi contoh agar anak-anak muda baik generasi Z maupun milenial juga menghargai kebudayaan nusantara termasuk busana adat kebaya.

Sementara itu, perwakilan Tim Nasional Hari Kebaya Nasional Febri Hapsari Dipokusumo menambahkan, Himpunan Ratna Busana menjadi salah satu dari sebelas komunitas yang peduli pada busana dan wastra nusantara.

Ia mengatakan kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari terbitnya Keputusan Presiden Nomor 19 Tahun 2023 tentang Hari Kebaya Nasional.

Baca Juga :  Wawanto Laporkan FX Rudy ke Polisi: Suharsono Tegaskan Tak Ada Ancaman Saat Rapat Internal, yang Ada Hanya Suara Nada Tinggi dan Emosi

“Selain itu, pada tahun 2022 Himpunan Ratna Busana memprakarsai sebuah event besar yaitu berkebaya bersama ibu negara di Kota Solo. Pada saat itu ibu negara berkenan untuk menandatangani deklarasi dukungan terhadap terbitnya kepres tersebut,” bebernya.

Sementara itu, Ketua Himpunan Ratna Busana Surakarta Danarsih Santosa Dullah yang bertindak sebagai penyelenggara mengapresiasi seluruh pihak yang sudah terlibat dalam kegiatan tersebut. Prihatsariย 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com