JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

PKB Siap Usung Anies Baswedan dalam Pilkada DKI Jakarta 2024

Mantan paslon nomor urut 01 di pilpres 2024, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (tengah), usai halal bihalal dan pembubaran Timnas AMIN di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan pada Selasa (30/4/2024) | tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengumumkan dukungan  terhadap Anies Baswedan sebagai bakal calon gubernur pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024. Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, menyatakan keyakinannya terhadap peluang besar Anies untuk memimpin kembali Jakarta.

“Ya insyaallah, dukung, dukung,” kata Cak Imin saat dikonfirmasi di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Jakarta, pada Senin (1/7/2024).

Ia menyebut Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKB DKI Jakarta telah merencanakan pencalonan Anies Baswedan, mengingat rekam jejaknya sebagai mantan Gubernur Jakarta periode 2017-2022 dan tingkat elektabilitas yang tinggi.

Cak Imin mengungkapkan bahwa hingga saat ini PKB belum menentukan calon wakil gubernur yang akan mendampingi Anies.

Baca Juga :  21 Pabrik Tekstil dan Garmen Tutup, 150.000 Buruh Terkena PHK

“Penetapan Anies dan bakal calon wakil gubernur yang diusung PKB nanti akan melalui proses musyawarah dengan partai politik lain,” ujarnya.

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebelumnya telah mengusung Anies dan memasangkannya dengan Sohibul Iman, namun Cak Imin menegaskan bahwa PKB memiliki versinya sendiri dalam menentukan pasangan Anies.

Wacana pembentukan poros ketiga dalam Pilkada Jakarta juga sempat mencuat. Juru Bicara PDIP, Cyril Raoul Hakim alias Chico Hakim, mengungkapkan peluang koalisi antara PDIP, PKS, dan PKB untuk mengajukan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur. “Adanya poros ketiga sangat mungkin,” kata Chico dalam pesan suara yang diterima Tempo, Kamis (27/6/2024).

Baca Juga :  PKS Dinilai Membuat Blunder saat Pasangkan Anies-Sohibul

Saat ini, duet Anies-Sohibul diwacanakan akan berkontestasi dengan duet Ridwan Kamil dan Kaesang Pangarep dari kubu Koalisi Indonesia Maju (KIM). PDIP masih memetakan partai politik lain yang akan menjadi kawan maupun lawan dalam menentukan berapa banyak pasangan calon yang nantinya maju di Pilkada Jakarta.

Cak Imin memastikan bahwa PKB akan terus memantapkan pilihan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang akan diusung dalam Pilkada Jakarta 2024 melalui proses musyawarah dengan partai politik lain.

“Sampai hari ini, kami masih memantapkan siapa pasangan Anies,” kata Muhaimin.

www.tempo.co

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com