JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Sederet Minuman Ampuh Menghilangkan Peut Kembung yang Bisa Dibuat Sendiri

Ilustrasi minum air putih. Pexels
ย ย ย 

JOGLOSEMARNEWS.COM Perut kembung atau begah merupakan kondisi di mana perut terasa penuh, tegang, dan membesar karena penumpukan gas di dalam perut. Perut kembung umumnya tidak berbahaya dan bisa hilang dengan sendirinya dalam beberapa jam.

Namun, perut kembung yang terjadi terus-menerus atau disertai dengan gejala lain seperti sakit perut, diare, sembelit, atau penurunan berat badan bisa menjadi tanda dari kondisi medis yang lebih serius.

Salah satu cara mengatasi perut kembung terus menerus adalah tetap terhidrasi. Ada beberapa minuman yang dapat membantu mengurangi kembung secara ampuh. Lantas, minuman apa yang ampuh untuk menghilangkan perut kembung?

Minuman yang Cocok untuk Perut Kembung

Berikut adalah beberapa minuman yang dapat membantu meredakan perut kembung dengan cepat.

1. Air Putih
Minum air putih yang banyak adalah cara terbaik untuk tetap terhidrasi dan membersihkan tubuh dari garam dan air berlebih yang dapat menyebabkan kembung.

Pada orang dewasa, konsumsi air putih yang disarankan yaitu sekitar delapan gelas berukuran 230 ml per hari atau total 2 liter.

2. Teh Hijau
Teh hijau merupakan jenis teh yang dikenal penuh dengan manfaat kesehatan. Senyawa polifenol dalam teh hijau mengandung sifat antioksidan dan anti-inflamasi, menjadikan teh hijau pilihan ideal untuk mengatasi kembung.

Baca Juga :  Micin Sering Dianggap Bisa Menyebabkan Kebodohan, Ini Penjelasan Dokter Gizi

3. Teh Peppermint atau Chamomile
Teh hijau bukan satu-satunya teh yang membantu mengurangi kembung. Teh peppermint dan teh chamomile juga bagus untuk meredakan kembung.

Kedua teh ini merupakan teh menenangkan yang dapat digunakan untuk meredakan sakit tenggorokan. Kandungan kafeinnya yang rendah menjadikannya pilihan yang baik untuk diminum di pagi, siang, atau malam hari.

4. Jus Alpukat
Jus buah untuk perut kembung salah satunya jus alpukat. Buah alpukat mengandung folat dan vitamin C dan K, serta kaya potasium yang bisa mengatur keseimbangan cairan dan kadar natrium untuk mencegah retensi air.

Terlebih lagi, buah ini kaya akan serat untuk membantu mencegah sembelit dan kembung.

5. Air Jahe
Minuman yang ampuh untuk menghilangkan perut kembung selanjutnya adalah air jahe. Jahe adalah rempah-rempah yang dikenal karena kemampuannya untuk meredakan gangguan pencernaan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jahe dapat mempercepat pengosongan perut untuk mencegah kembung dan rasa kenyang.

6. Kombucha
Kombucha adalah minuman fermentasi yang biasanya terbuat dari teh hitam atau hijau. Seperti makanan fermentasi lainnya, makanan ini kaya akan probiotik dan dapat meningkatkan kesehatan dan keteraturan usus.

Baca Juga :  Micin Sering Dianggap Bisa Menyebabkan Kebodohan, Ini Penjelasan Dokter Gizi

Minuman ini juga membuat tubuh tetap terhidrasi dengan memasukkan lebih banyak antioksidan sehingga membantu mengatasi kembung.

7. Jus Buah Beri
Buah beri adalah salah satu camilan paling sehat yang biasa dijadikan pelengkap diet. Tapi ternyata buah ini juga dapat membantu mengatasi kembung karena mengandung serat dalam jumlah yang sehat. Jus buah beri bisa dikonsumsi agar usus tetap sehat sehingga dapat mencegah perut kembung.

8. Air Lemon
Minuman yang ampuh untuk menghilangkan perut kembung selanjutnya adalah air lemon. Minum air lemon memang dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan. Salah satu manfaatnya adalah dapat mencegah kembung dengan cara melonggarkan racun di usus.

9. Jus Semangka
Seperti dijelaskan sebelumnya, tetap terhidrasi atau minum air yang banyak merupakan cara paling tepat untuk mengatasi perut kembung. Salah satu jus yang bisa dikonsumsi untuk meredakan perut kembung adalah jus semangka.

Sebab semangka memiliki kandungan air yang tinggi dan mengandung kadar potasium yang dapat membantu mengatasi kembung.

10. Air Kelapa
Air kelapa merupakan minuman yang tinggi potasium dan elektrolit, yang membantu mengatur kadar cairan dalam tubuh. Kandungan tersebut menjadikan air kelapa bagus untuk mengurangi kembung.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com