JOGLOSEMARNEWS.COM Sport

Sosok Zahaby Gholy “Anak Bekasi”: Pemain Timnas U16 yang Menjadi Bintang Kemenangan Garuda Muda

foto kolase Muhamad Zahaby Gholy || dok Sosmed
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Muhamad Zahaby Gholy atau pemain yang akrab disapa Gholy adalah seorang pria kelahiran Bekasi, 5 Desember 2008. Diusianya yang baru 15 tahun, Gholy sudah tercatat sebagai pemain Persija Youth dengan posisi sayap kanan atau geladang serang.

Sebelum bergabung dengan Persija Youth, anak dari pasangan Muhammad dan Aminah ini pernah menimba ilmu di SSB Garuda Putra dan SSB RNB Jakarta.

Kecintaannya pada sepak bola rupanya adalah turunan dari ayahnya yang merupakan pelatih di Sekolah Sepak Bola.

Gholy juga pernah tercatat sebagai pemain Persipasi Bekasi U13 sebelum dilirik oleh Persija. Setelah itu, dia dilirik oleh Persija. Hingga kini, Gholy masih menjadi bagian dari skuad Persija U15.

Dikenal sebagai pemain anak Bekasi, Gholy lahir dan juga tinggal di Bekasi. Dia juga merupakan lulusan SMPN 12 Kota Bekasi. Bersama keluarganya, dia tinggal di Kelurahan Jakamulya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Kemampuan yang dimiliki oleh Gholy membuat Nova Arianto selaku pelatih Timnas U16 Indonesia tertarik untuk membawanya mengikuti seleksi Timnas U16 Indonesia dan berhasil lolos.

Diketahui bahwa Gholy turut bermain bersama Timnas Indonesia melawan Australia pada 1 Juli 2024 untuk merebutkan tiket terakhir ke partai final Piala AFF U16. Gholy juga turut bermain ketika Timnas Indonesia melawan Vietnam pada Rabu, 3 Juli 2024 di Stadion Manahan, Surakarta.

Dalam pertandingan di Piala AFF U-16 2024, Gholy turut berjuang dalam lima pertandingan. Empat diantaranya, dia turun sebagai starter.

Pada pertandingan Timas Indonesia melawan Vietnam tersebut, Gholy bermain full 90 menit. Dia berhasil menjadi salah satu bintang kemenangan Garuda Muda dalam laga tersebut dengan mencetak dua gol pada menit ke-45+1 dan menit ke-78.

Gholy menjadi top skor tim bersama dengan Mierza Firjatullah pada ajang Piala AFF U16 2024. Menempati peringkat ketiga ASEAN U-16 Boys Championship atau Piala AFF U16 2024, Timnas Indonesia dinyatakan telah berhasil kalahkan Vietnam.

Selanjutnya, Gholy dan kawan-kawannya akan berkompetisi dalam kualifikasi Piala Asia U-17 2025 yang akan digelar pada 19-27 Oktober 2024.

Syahla Ayu Yasinta

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com