JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Tiga Hari Mulai Besok, Presiden Jokowi Bakal Berkantor di IKN

Pekerja memasang tenda untuk upacara HUT RI di Lapangan Upacara Istana Kepresidenan IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Sabtu 27 Juli 2024. Persiapan pelaksaan upacara HUT Ke-79 Kemerdekaan RI di Lapangan Upacara Istana Kepresidenan IKN telah mencapai sekitar 90 persen dan siap digelar pada 17 Agustus 2024 | tempo.co
ย ย ย 

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM ย –ย  Jelang pelaksanaan upacara HUT kemerdekaan ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal berkantor di IKN, penajem Paser Utara, Kalimantan Timur pada Senin (29/7/2024).

Hal tersebut sudah dikonfirmasi oleh pihak ย Istana Kepresidenan. Deputi Protokol dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana mengatakan, hari ini Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo akan bermalam di Kantor Presiden IKN.

โ€œBesok Beliau akan berkantor di Kantor Presiden di Ibu Kota Nusantara,โ€ katanya melalui pesan singkat kepada Tempo, Minggu (28/7/2024).

Di IKN, Jokowi akan berkantor selama tiga hari. Hingga Rabu, 31 Juli 2024.

Kunjungan Jokowi itu dilakukan di tengah keraguan mengenai rencana untuk pindah kantor ke IKN pada Juli 2024.

Dalam berbagai kesempatan, Presiden Jokowi mengakui masih menunggu kesiapan infrastruktur dasar dan prasarana seperti air dan listrik soal rencana untuk berkantor di IKN. Belakangan sejumlah laporan menyebut air dan listrik sudah masuk di calon ibu kota baru.

Baca Juga :  DPR Mentahkan Rencana KPK Panggil Kaesang, Benny K Harman Bilang KPK Hanya Buang-buang Waktu

Namunn di dalam agenda resmi akhir pekan ini, Jokowi bakal mengecek kesiapan infrastruktur di IKN. Jokowi akan mengesahkan jembatan Pulau Balang Bentang Panjang dan peninjauan jalan tol IKN.

โ€œJuga peninjauan Kantor Presiden dan Istana Negara,โ€ kata Yusuf melalui pesan singkat pada Sabtu (27/7/2024).

Istana juga memastikan Jokowi akan melakukan peninjauan lainnya termasuk pengecekan kesiapan tempat Upacara HUT RI. Serta Sarana dan Prasarana pendukung lainnya.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Presiden Jokowi akan didampingi Menteri Pekerjaan Umum sekaligus Plt Kepala Otorita IKN, Basuki Hadimuljono dan Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang yang merangkap Wakil Ketua Otorita IKN, Raja Juli Antoni.

Pejabat di lingkaran Istana menyampaikan kepada Tempo bahwa Jokowi akan menggelar rapat paripurna di IKN. Dia menyebut Jokowi akan mengadakan sidang kabinet pada 30 Juli 2024. Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Negara, Danis Sumadilaga, membenarkan kabar tersebut kepada Tempo pada Senin, 22 Juli 2024.

Baca Juga :  Luhut: Faisal Basri, Intelektual Berani yang Selalu Jaga Integritas

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie menginformasikan bahwa bakal ada sidang kabinet dalam waktu dekat, namun tanggalnya masih ditentukan. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan kepada Tempo bahwa untuk sementara Sidang Kabinet dijadwalkan pada 1 Agustus 2024.

โ€œ1 Agustus sementara agenda rapat kabinet di IKN. Saya belum dapat undangan,โ€ kata Zulhas melalui pesan singkat kepada Tempo, Senin (22/7/2204).

Deputi Protokol dan Media Sekretariat Presiden tidak menjawab pesan Tempo mengenai kepastian sidang kabinet dalam kunjungan Jokowi ke IKN kali ini. Presiden Jokowi tidak mau menjawab soal agenda sidang kabinet di IKN. Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung belum merespons pesan Tempo soal isu ini.

Jokowi mengaku masih menunggu kesiapan infrastruktur dasar di IKN. “Kalau semuanya sudah siap. Kalau kursinya belum ada gimana? duduk, masa lesehan, sidang kabinet masa lesehan,” kata Jokowi usai meresmikan Golden Visa di hotel yang berlokasi di Jakarta Selatan, 25 Juli 2024.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com