JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sukoharjo

Guyub Rukun Warga RT 06 RW X Jesper, Gentan, Sukoharjo  Sambut HUT Kemerdekaan RI

Sekretaris RT 06 RW X, Jetis Permai, Gentan, Baki, Panca Dharmastya, tengah memanjat tangga saat memasang bendera dan umbul-umbul di gapura, dibantu warga lainnya | Foto: Istimewa
   

SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM Warga RT 06 RW X, Jetis Permai (Jesper), Gentan, Baki, Sukoharjo merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-79 dengan semangat gotong royong. Rangkaian kegiatan dimulai dengan kerja bakti mengecat jalan dan memasang bendera serta umbul-umbul.

Kegiatan ini dipimpin oleh Ketua RT, Cahyo Yuli Kristanto, dan diikuti oleh mayoritas warga. Keakraban dan kekompakan warga terlihat jelas dalam kegiatan tersebut.

Bahkan, salah satu tokoh yang turut serta dalam adalah dalang beken, Ki Bayu Aji Pamungkas. Meski memiliki nama besar di dunia pedalangan, Ki Bayu Aji Pamungkas tidak sungkan turun ke jalan untuk ikut bekerja bakti bersama warga lainnya.

Baca Juga :  Keren! Mahasiswa KKN UNS Kelompok 235 Ciptakan Alat Pendeteksi Banjir

Pemasangan umbul-umbul dan pengecatan jalan dilakukan selama dua hari, yaitu pada Rabu (31/7/2024) dan Kamis (1/8/2024) sore hingga malam hari.

Tak sungkan-sungkan, Ketua RT 06 RW X, Cahyo Yuli Kristanto (2 kanan) ikut terjun langsung kerja bakti bersama warga. Tampak Ketua RT tengah memegangi mal sementara warga yang lain mengecat jalan | Foto: Suhamdani

Sebagaimana diketahui, mengecat jalan dan memasang umbul-umbul telah menjadi tradisi tahunan dalam menyambut HUT Kemerdekaan RI. Tradisi ini tidak hanya bertujuan untuk memperindah lingkungan, tetapi juga untuk mempererat tali silaturahmi dan semangat kebersamaan antarwarga.

Pengecatan jalan biasanya dilakukan dengan berbagai motif yang mencerminkan semangat perjuangan dan rasa cinta tanah air. Awal mula tradisi ini berasal dari keinginan warga untuk menunjukkan rasa syukur atas kemerdekaan yang telah diraih serta sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah berjuang.

Baca Juga :  Keren! Mahasiswa KKN UNS Kelompok 235 Ciptakan Alat Pendeteksi Banjir

Melalui kegiatan ini, warga dapat merasakan kebersamaan dan gotong royong, nilai-nilai yang sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat.

Ketua RT 06, Cahyo Yuli Kristanto mengungkapkan apresiasi dan ucapan terima kasihnya atas kerja sama dan kekompakan warga dalam kerja bakti ini.

“Saya sangat berterima kasih kepada seluruh warga yang telah berpartisipasi dengan penuh semangat. Tanpa kerja sama dan kekompakan dari kita semua, kegiatan ini tidak akan berjalan dengan lancar. Semoga semangat gotong royong ini terus terjaga dan semakin mempererat hubungan kita sebagai satu keluarga besar di RT 06 RW X,” ujarnya. Suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com