Beranda Daerah Solo Umat Khonghucu Makin Solo, Peringati Hari Lahir Nabi Khonghucu

Umat Khonghucu Makin Solo, Peringati Hari Lahir Nabi Khonghucu

Umat Khonghucu MAKIN Solo memperingati hari lahir Nabi Khongcu ( Ci Seng Tan ) ke 2575, Sabtu, (28/09/2024) malam. Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Umat Khonghucu MAKIN Solo memperingati hari lahir Nabi Khongcu ( Ci Seng Tan ) ke 2575, Sabtu, (28/09/2024) malam.

Acara perayaan Ci Seng Tan ini berlangsung meriah. Diawali dari rangkaian acara kirab / prosesi yang melibatkan para remaja/siswa yang bertugas membawa sesajian untuk diletakkan di altar Nabi Khongcu.

Acara dilangsungkan pada sekitar pukul 22.00 hingga tengah malam dengan berjalan membawa sesajian mengitari area Lithang.

Dimulai dari gedung belakang Lithang, JIn. Drs.Yap Tjwan Bing, JIn. Ir.Juanda-JIn. Mertolulutan dan masuk ke Lithang melalui gerbang depan.

Menurut Tian Wisnu, pengurus pemuda MAKIN Solo sekaligus ketua panitia. Setelah adanya perayaan ritual semalam.

Minggu, (29/09/2024) dilaksanakan perayaan secara umum. Dimeriahkan oleh barongsai dan liong dari anak-anak tripusaka.

Baca Juga :  BPP Gandeng IKA UMS Gelar Benchmark: Gagas Kolaborasi di Era Digital

“Untuk peserta sebenarnya dari umat Makin pribadi. Jadi kita dari umat Makin sekitar 50 sampai 60 orang. Lalu kita juga mengundang dari berbagai perkumpulan agama dari budha. Serta kita juga mengundang pengurus klenteng dan gema FKUB Surakarta,” terangnya.

Berbeda dari tahun sebelumnya yang dilakukan secara internal. Tian menyebut perayaan tahun ini lebih dilakukan secara terbuka (open house).

“Ini kita buka open house jadi kita lebih mempererat persaudaraan lintas agama,” tandasnya.

Perlu diketahui Ci Seng Tan sendiri dulu oleh Presiden Soekarno (sekitar tahun 1946) pernah dijadikan sebagai hari libur nasional (tanggalan merah) juga Tahun Baru Imlek, Ching Bing (5 April) dan hari wafat Nabi Khongcu sebagai penghormatan pada umat Khonghucu. Ando