Beranda Daerah Solo Blusukan di Kedunglumbu dan Borong Sosis Solo Sambil Tawarkan Modal UMKM

Blusukan di Kedunglumbu dan Borong Sosis Solo Sambil Tawarkan Modal UMKM

Calon Wali Kota Solo nomor urut 2 Respati Ardi bertemu teman lamanya semasa sekolah di SMA Negeri 1 Solo, saat silaturahmi dan blusukan di Kampung Kedunglumbu RT 03/RW 06, Pasar Kliwon, Solo, Selasa (8/10/2024). Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Calon Wali Kota Solo nomor urut 2 Respati Ardi bertemu teman lamanya semasa sekolah di SMA Negeri 1 Solo, saat silaturahmi dan blusukan di Kampung Kedunglumbu RT 03/RW 06, Pasar Kliwon, Solo, Selasa (8/10/2024).

Wisnu, teman sekolahnya tersebut adalah kakak kelas Respati Ardi di SMA Negeri 1 Solo yang sama-sama anggota Ikatan Alumni SMA Negeri 1 Surakarta (Kasmaji)

“Saya kakak kelasnya, kalau tidak salah Respati itu angkatan 2006 atau 2007 kalau saya 2005,” ungkap Wisnu.

Wisnu sempat kaget melihat Respati Ardi yang berkunjung di kampungnya dan kemudian sempat berbincang singkat di sebuah jalan kampung.

“Sebenarnya kaget juga lho Respati kok ke sini, ternyata memang kegiatan kampanye. Saya juga tahu dia maju menjadi calon Wali Kota Solo, semoga sukses,” kata Wisnu.

Saat menyusuri jalan dan gang kampung, Respati bertemu Erla, seorang anak muda yang berjualan sepeda klasik. “Ini jualan sepeda, kalau dibilang bekas ya bekas tetapi ini nyarinya yang sulit. Karena jenis sepeda lama yang klasik, seperti ini jenis Maribeni. Aku tanya ke orang-orang tua sebelum aku lahir, ini sudah ada,” kata Erla.

Baca Juga :  Ini Rangkaian Acara Penyambutan Kepulangan Presiden Jokowi ke Solo Nanti Sore

Selain berbincang tentang sepeda, Respati Ardi juga membicarakan penjualan sepada secara online karena market menjadi lebih luas. Saran tersebut pun disetujui Erla. Di tengah blusukan, Respati pun bertemu Wina, seorang ibu rumah tangga yang tiga bulan belakangan membuka usaha jualan seblak. ‘Kula borong nggih Bu, biar warga makan bareng-bareng di sini, ramai, guyup,” ujar Ketua HIPMI itu.

Sosis goreng buatan Anik, yang biasanya dititipkan di wedangan juga diborong Respati. “Sosis Solo itu tidak ada di tempat lain, buat kalian yang sedang di Kota Solo harus tahu, membedakan dengan sosis Solo. Ada daging cincang di dalamnya. Bu Anik menitipkan sosis Solo di wedangan-wedangan. Ini UMKM sektor produsen, butuh juga reseller, ke depan untuk bisa jualan lebih laris lagi,” jelas Respati.

“Bantu modal atau bantu jual bu, pilih milih pundi, salah setunggal,” tanya Respati pada Anik.

“Pun mangga,“ jawab Anik.

‘“Itulah sopannya orang Solo, tahu rasanya pakai rasa,” lanjut Respati Ardi sambil mengacungkan jempolnya.

Seperti diketahui, salah satu program Respati-Astrid adalah membentuk UMKM center dengan menawarkan #BantuModal #BantuJualan bagi para pelaku usaha.

Baca Juga :  Kedubes Inggris Temui Respati-Astrid Bahas Komitmen Kerjasama Cyber Security Hingga Diplomasi Budaya

Anik yang diborong dagangannya pun merasa senang, “Oh, senang sekali, rejeki ini ya Allah, matur nuwun sangat ya Allah. Tadi Pak Respati juga menawari modal apa dibantu penjualan, tadi saya jawab terserah Bapak saja, mau dibantu apa saya terima, saya senang,” kata Anik dengan senyum bahagia.

Usai memborong sosis goreng, kemudian Respati Ardi melanjutkan blusukan sambil membagikan sosis kepada warga yang dijumpainya serta mengabadikan foto bersama. Prihatsari