Beranda Daerah Wonogiri Daftar Bansos yang Cair Oktober 2024, Cek Anda Termasuk Penerima Tidak

Daftar Bansos yang Cair Oktober 2024, Cek Anda Termasuk Penerima Tidak

Bansos
Ilustrasi pembagian bantuan beras. Istimewa

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM
Pemerintah kembali menyalurkan bantuan sosial (bansos) pada bulan Oktober 2024 sebagai bagian dari upaya meringankan beban ekonomi masyarakat. Sejumlah program bansos disiapkan untuk membantu masyarakat prasejahtera agar dapat memenuhi kebutuhan dasar mereka.

Dengan adanya bansos yang cair Oktober 2024 ini, pemerintah berharap dapat membantu mengurangi beban ekonomi yang dirasakan oleh masyarakat serta
mendukung pemulihan ekonomi nasional.

Berikut daftar bansos yang cair Oktober 2024 :

1. Bansos BPNT
Bansos BPNT yang dikenal juga dengan Kartu Sembako diberikan kepada KPM berdasarkan DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial).

Penyaluran bansos ini dilakukan secara periodik yakni dua bulan sekali. Jadi, selama satu tahun ada enam periode pencairan BPNT. Dimulai dari Februari untuk periode Januari dan Februari. Saat ini, pencairan memasuki periode kelima untuk bulan September Oktober.

Masyarakat yang terdaftar sebagai penerima bansos BPNT akan menerima bantuan dalam bentuk uang. Jumlahnya sebesar Rp 200.000 per bulan yang dibagikan dua bulan sekali. Sehingga setiap periode akan mendapatkan uang Rp 400.000 dalam sekali pencairan.

Bantuan ini diberikan untuk membantu biaya kebutuhan sehari-hari masyarakat terutama keperluan pangan. Penerimanya adalah mereka yang hidup di bawah garis kemiskinan.

2. Program Keluarga Harapan (PKH)
PKH merupakan bantuan tahunan yang diberikan pemerintah kepada KPM yang terdaftar dalam DTKS Kemensos. Penyalurannya dilakukan per triwulan atau tiga bulan sekali yang dimulai dari Februari.

Baca Juga :  Susu Pilkada Jateng 2024 Tiba Jumlahnya Tembus Segini

Bantuan ini diberikan kepada masyarakat kurang mampu khususnya pada aspek kesejahteraan, pendidikan dan kesehatan. Besarannya berbeda-beda tergantung pada siapa penerimanya. Berikut rincian lengkap besaran bansos yang diterima per tahun:

– Ibu hamil dan balita: Rp 3.000.000

– Siswa SD: Rp 900.000

– Siswa SMP: Rp 1.500.000

– Siswa SMA: Rp 2.000.000

– Usia 60 ke atas: Rp 2.400.000

– Disabilitas: Rp 2.400.000

3. BLT Dana Desa
Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa disalurkan langsung oleh pemerintah desa kepada masyarakat yang terdata sebagai penerima yang rentan atau kurang mampu. Setiap penerima akan mendapatkan bantuan sebesar Rp300 ribu per bulan, sebagai bagian dari upaya untuk mendukung kesejahteraan warga desa yang membutuhkan.

4. Bantuan Beras 10 Kg
Bantuan beras sebesar 10 kilogram diberikan kepada 22 juta keluarga penerima manfaat, termasuk penerima PKH dan BPNT. Program ini akan berlanjut hingga akhir tahun 2024, bertujuan untuk memperbaiki kondisi pangan masyarakat yang kurang mampu serta mencegah stunting pada anak-anak.

Bagi masyarakat yang ingin memeriksa apakah mereka termasuk dalam daftar penerima bantuan, berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Akses Situs Resmi
Kunjungi laman resmi Kementerian Sosial di cekbansos.kemensos.go.id.

2. Masukkan Informasi Identitas dan Lokasi
Isi informasi yang diperlukan, seperti Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, dan Desa/Kelurahan sesuai dengan KTP dan KK yang berlaku.

3. Masukkan Nama Lengkap
Ketik nama lengkap sesuai yang tertera pada KTP.

Baca Juga :  Kasus Sabu Wonogiri 3 Pengedar Diringkus

4. Isi Kode Verifikasi
Masukkan kode verifikasi yang muncul di layar untuk memastikan proses pengecekan berjalan dengan aman.

5. Cek Status Penerimaan
Setelah semua informasi diisi dengan benar, klik tombol “Cek Data”. Jika Anda termasuk penerima bantuan, status penerimaan akan ditampilkan di layar.

Cek Penerima Bansos Melalui Aplikasi

Selain situs web, pengecekan penerima bansos juga dapat dilakukan melalui aplikasi Cek Bansos yang bisa diunduh di Play Store atau App Store. Berikut caranya:

1. Unduh aplikasi Cek Bansos.
2. Lakukan registrasi menggunakan data diri yang valid.
3. Login dengan username dan password yang telah didaftarkan.
4. Masukkan data wilayah dan nama lengkap.
5. Isi kode captcha dan klik “Cari Data” untuk melihat status penerimaan.

Aris Arianto