Beranda Daerah Solo Kembangkan Talenta Digital, Indosat Kembali Gelar Id Camp Connect

Kembangkan Talenta Digital, Indosat Kembali Gelar Id Camp Connect

Indosat Ooredoo Hutchison melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) kembali menggelar IDCamp Connect. Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Indosat Ooredoo Hutchison melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) kembali menggelar IDCamp Connect. Sebuah inisiatif yang bertujuan mengembangkan talenta digital Indonesia.

SVP Head of Region Central Java Indosat Ooredoo Hutchison, Joko Tri Wibowo, menjelaskan bahwa program ini sejalan dengan komitmen perusahaan untuk memberdayakan generasi muda di bidang teknologi digital, terutama di era booming kecerdasan buatan (AI).

“Kami berharap setelah acara ini, wawasan peserta semakin terbuka tentang AI dan teknologi lainnya. Indonesia membutuhkan talenta-talenta digital, dan Solo menjadi salah satu kota yang berpotensi melahirkan digitalis Indonesia yang siap bersaing di kancah global,” ujar Joko di Solo Technopark, Jumat (18/10/2024).

Sejak dimulai pada 2019, IDCamp telah memberikan kontribusi signifikan bagi negara, dengan lebih dari 270.000 penerima beasiswa yang merasakan manfaat nyata dari pelatihan coding.

Tahun ini, IDCamp hadir di tiga kota besar, yakni Solo, Balikpapan, dan Timika, dengan target meningkatkan keterampilan digital lebih dari 150.000 peserta.

Baca Juga :  Yang Lagi Viral, Warga Malang Keluhkan Parkir Mobil di Acara Haul Habib Ali Al Habsy Dikenai Tarif Rp 100.000

Chief Operating Officer Dicoding Indonesia, Kevin Kurniawan, menambahkan bahwa program ini telah menunjukkan dampak positif pada karier banyak peserta.

“Dari survei yang kami lakukan, 50% peserta kelas intermediate menyatakan bahwa pelatihan ini membantu karier mereka. Kami juga memberikan sertifikasi global gratis bagi peserta yang menyelesaikan hingga level expert, yang tentunya akan meningkatkan peluang mereka di dunia kerja,” ujar Kevin.

Program Manager Dicoding Indonesia, Ira Yuti, menegaskan bahwa kebutuhan akan talenta digital di Indonesia masih sangat besar.

Hingga kini, lebih dari 90.000 peserta telah berhasil mendapatkan sertifikasi sebagai developer dari IDCamp, sebuah bukti keberhasilan program ini dalam mendukung transformasi digital Indonesia.

“Data menunjukkan bahwa 25% masyarakat usia produktif di Indonesia masih kekurangan keterampilan digital. Oleh karena itu, Indosat bekerja sama dengan Dicoding untuk mempercepat pengembangan talenta digital melalui beasiswa coding yang komprehensif,” katanya.

Baca Juga :  Ipemi Resmikan Sekretariat Kantor Baru Di Jebres, Berisikan Produk-Produk UMKM

Dengan komitmen kuat untuk terus memberdayakan masyarakat, IDCamp diharapkan mampu melahirkan generasi talenta digital yang kompetitif, mendukung pertumbuhan ekonomi nasional di era digital. Ando