Beranda Umum Kolaborasi Positif, Santri bersama TNI/Polri Bersih- bersih Sungai di Pengging, Boyolali

Kolaborasi Positif, Santri bersama TNI/Polri Bersih- bersih Sungai di Pengging, Boyolali

Betapa meriahnya ketika ratusan santri bersama TNI/Polri serta relawan peduli sungai melakukan aksi bersih-bersih Sungai Pengging, Boyolali pada Selasa (22/10/2024) | Foto: Waskita

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM Ratusan santri bersama TNI/Polri serta relawan peduli sungai melakukan aksi bersih-bersih Sungai Pengging pada Selasa (22/10/2024). Tanpa ragu, para santri terjun langsung  ke sungai dan membersihkan berbagai macam sampah.

Kegiatan bersih-bersih sungai itu  untuk memperingati Hari Habitat Sedunia, HUT ke-79 TNI, dan Hari Santri Nasional ke-10. Kegiatan diawali dengan mengaji Alquran di sepanjang bantaran Sungai Pengging.

Setelah itu, tanpa istirahat,  para santri langsung turun ke sungai. Mereka mengambil sampah-sampah, ranting pohon, plastik, hingga sisa-sisa makanan. Sampah-sampah itu lantas dibawa ke truk sampah.

Salah satu santri Darul Fath Banyudono, Ahmad Alghozi  mengaku senang bisa ikut kegiatan ini. Apalagi, kegiatan bersih-bersih sungai ini baru pertama kali dilakukan.

Baca Juga :  Tim Dosen Peternakan UNS Bantu Pendampingan Peternak Kambing di Sukoharjo untuk Dongkrak Produktivitas

“Banggalah bisa ikut membersihkan sungai. Soalnya sungai ini kotor, kami sebagai santri juga harus sadar akan kebersihan, karena kebersihan sebagian dari iman,” katanya.

Mereka menemukan berbagai macam sampah. Seperti daun dan ranting pohon, plastik, baju, makanan busuk bahkan bangkai hewan. Dia mengaku agak kewalahan membersihkan sungai.

Begitu sampah dibersihkan, langsung datang lagi dari hulu.

Komunitas Peduli Sungai Pengging, Banyudono, Totok Sudaryanto mengaku sangat bersyukur dan terbantu dengan support dari santri. Upaya membersihan dan merawat sungai ini telah digalakkan.

“Apalagi kepedulian menjaga sungai ini sedikit surut dimasyarakat. Termasuk dalam mengelola sampah domestik masing-masing,” ujarnya.  Waskita