Beranda Daerah Wonogiri Nasib Ribuan PTT Wonogiri, Bupati Jekek Jadi Garda Terdepan Perjuangan, Langsung Terbang...

Nasib Ribuan PTT Wonogiri, Bupati Jekek Jadi Garda Terdepan Perjuangan, Langsung Terbang ke Jakarta Usai Gelar Pertemuan

PTT
Bupati Jekek (tengah pegang map) berfoto bersama PTT di Gedung PGRI Wonogiri. Joglosemarnews.com/Aris Arianto

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM Bupati Wonogiri Joko Sutopo, yang akrab disapa Bupati Jekek, menegaskan komitmennya untuk memperjuangkan nasib ribuan Pegawai Tidak Tetap (PTT) di wilayahnya.

Dalam pertemuan dengan para PTT di Gedung PGRI Wonogiri, Selasa (8/10/2024), Bupati Jekek menyatakan akan menjadi garda terdepan dalam memperjuangkan status mereka agar bisa diangkat menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) penuh waktu.

Dari total 1.321 PTT yang ada, hanya 187 orang yang memperoleh kesempatan dalam rekrutmen PPPK 2024. Situasi ini mendorong Bupati Jekek untuk mengambil langkah tegas dengan berkonsultasi ke Senayan dan pemerintah pusat. Dalam rembugan dengan para PTT Jekek menyebut bakal segera terbang ke pusat memperjuangkan nasib mereka.

“Yang penting mari berjuang bersama-sama. Untuk gaji atau anggaran penggajian PPPK, dipastikan APBD cukup dan mampu. Formulasinya begini, setiap tahun ada pegawai yang pensiun, maka anggaran untuk pensiun itu tinggal di-breakdown, selesai,” tegas Bupati Jekek di hadapan para PTT.

Baca Juga :  Pencurian Honda Tiger di Kayuloko Sidoharjo Wonogiri, Dipicu Jengkel Pelaku Wong Adoh

Bupati Wonogiri juga memastikan bahwa tidak akan ada pemutusan hubungan kerja (PHK) bagi PTT di Wonogiri.

Menurut Jekek, pihaknya akan memperjuangkan aspirasi PTT melalui jalur politik maupun jalur lainnya agar bisa menemukan solusi terbaik.

“Aspirasi ini akan kami sampaikan kepada pemerintah pusat, baik melalui jalur politik maupun jalur lainnya, untuk merumuskan kebijakan yang paling ideal dalam memperjuangkan PTT menjadi PPPK penuh waktu,” lanjut Bupati Jekek.

Pihaknya membeberkan proses pengangkatan PTT ke PPPK bisa dilakukan seperti halnya pengangkatan Guru Tidak Tetap (GTT). Yang penting ada rumusan kebijakan baru, dan pintu masuknya adalah aspirasi dari daerah.

Bupati Jekek pun meminta kepercayaan dari para PTT untuk menjalankan konsultasi di tingkat pusat. Ia berharap hasil konsultasi tersebut dapat melahirkan kebijakan yang tepat dan solutif bagi permasalahan PTT di Wonogiri.

Baca Juga :  Menghadapi Gelombang PHK di Tengah Kondisi Ekonomi yang Sulit Cara Bertahan dan Bangkit

“Dari proses pengkajian itu nanti akan melahirkan keputusan-keputusan yang tepat untuk menjawab problematika di daerah,” pungkas Bupati Jekek.

Dengan langkah ini, Bupati Jekek berharap bisa memberikan solusi yang berkelanjutan bagi para PTT di Wonogiri agar mendapatkan status yang lebih baik di masa mendatang. Aris Arianto