Beranda Daerah Boyolali Penuhi Permintaan Darah, Ini yang Dilakukan PMI Boyolali

Penuhi Permintaan Darah, Ini yang Dilakukan PMI Boyolali

Beberapa orang tampak sedang mendonorkan darahnya. Pihak PMI Boyolali memang tengah menggalakkan aksi donor darah untuk memenuhi kebutuhan darah yang semakin meningkat | Foto: Waskita

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM PMI Boyolali terus berupaya menjaga stok darah. Saat ini permintaan darah ke PMI Boyolali mencapai 1.400 kantong per bulan.

“Ribuan kantong itu didistribusikan ke 13 Rumah Sakit di Boyolali dan sekitarnya. Saat ini stok darah di PMI tersisa ratusan kantong. Sehingga kegiatan donor darah dijadwalkan dibeberapa lokasi,” ujar Ketua PMI Boyolali, Sunarno.

Saat ini, ketersediaan darah di PMI Boyolali mencapai 212 kantong. Rinciannya, whole blood (WB) sebanyak 29 kantong, packed red cells (PRC) 163 kantong dan trombocyte 20 kantong.

“Untuk memenuhi kebutuhan itu, kami menggandeng berbagai pihak. Jadi ada jadwal untuk kegiatan donor darah di tujuh lokasi selama enam hari mulai 25 – 29 Oktober,” ucapnya.

Sakah satunya adalah kegiatan donor darah yang  digelar di Hotel Maxone pada Kamis (24/10/2024). Ada 84 orang pendaftar yang ingin mendonorkan darah. Pendonor tidak hanya dari instansi namun, juga masyarakat umum.

Baca Juga :  Dirasuki Nafsu Setan, Perangkat Desa Wates, Boyolali Perkosa Tetangga hingga Hamil. Korban Alami Keterbelakangan Mental

Menurut Humas Hotel Maxone Loji Kridanggo, Clarita Hera, kegiatan donor darah ini menjadi agenda rutin tiap tahunnya. Dia mengundang perusahaan mitra serta masyarakat sekitar dan umum.

“Yang sudah datang 74 orang. Tiap tahunnya selalu meningkat. Kegiatan ini juga bentuk CSR kami bagi masyarakat. Pegawai kami juga ikut mendonorkan darah. Kami bekerjasama dengan PMI Boyolali,” ujar Hera.

Salah satu pendonor, Haryo mengaku senang bisa ikut mendonorkan darahnya. Dia rutin mendonorkan darah.

“Selama bekerja di Boyolali, saya telah mendonorkan darah sebanyak 11 kali,” tuturnya.

Menurutnya, donor darah ini memberikan manfaat bagi masyarakat maupun tubuhnya.

Baca Juga :  Belok Kanan Tapi Lampu  Sein Motor Menyala ke Kiri, Ya Akhirnya Braak..! Diseruduk Mobil Boks

“Sehabis donor badan jadi segar dan sirkulasi darah lancar. Donor darah saya lakukan rutin tiap dua bulan sekali,” pungkas dia. Waskita