Beranda Daerah Solo Poltekkes Surakarta Wisuda 1.781 Wisudawan, Peluang Kerja Besar Bagi Lulusan

Poltekkes Surakarta Wisuda 1.781 Wisudawan, Peluang Kerja Besar Bagi Lulusan

Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kemenkes Surakarta menggelar Sidang Terbuka Senat dengan agenda Wisuda Ahli Madya, Sarjana Terapan dan Profesi Kesehatan Periode II Tahun 2024 di Gedung Edutorium KH. Ahmad Dahlan UMS, Rabu (23/10/2024). Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kemenkes Surakarta menggelar Sidang Terbuka Senat dengan agenda Wisuda Ahli Madya, Sarjana Terapan dan Profesi Kesehatan Periode II Tahun 2024 di Gedung Edutorium KH. Ahmad Dahlan UMS, Rabu (23/10/2024).

Wisuda kali ini diikuti sebanyak 1.781 wisudawan/ti dari 20 program studi yang ada di Poltekkes Kemenkes Surakarta, dengan rincian Profesi sebanyak 329 orang, Sarjana Terapan Kesehatan sebanyak 711 orang, dan Diploma III sebanyak 741 orang.

Direktur Poltekkes Kemenkes Surakarta Sudiro, S.Kp.Ners.,M.Pd ., melaporkan bahwa kelulusan tepat waktu sejumlah 1.761 (98,93%) dari seluruh peserta Ujian Akhir Program (1.801). Pencapaian Indeks Prestasi Kumulatif lulusan pada wisuda tahun 2024 adalah 96% mahasiswa mencapai IPK ≥ 3,50 (Dengan Pujian atau Cumlaude) dengan IPK tertinggi 4,0.

Dalam momen berbahagia itu, Sudiro juga menyampaikan prestasi-prestasi yang telah diraih oleh Poltekkes Kemenkes Surakarta.

“Dalam bidang prestasi mahasiswa, kami laporkan pada tahun 2023-2024 capaian mahasiswa Poltekkes Surakarta sangat menggembirakan di dalam bidang pendidikan, olahraga, seni, baik itu skala internasional atau nasional maupun regional,” tuturnya.

Baca Juga :  MilkLife Soccer Challenge Solo Seri 2 2024 Makin Diminati, Ratusan Siswi Ikuti Turnamen

Dan pada tahun 2022-2024, lanjut Direktur Poltekkes Kemenkes Surakarta, ada 19 lulusan dari Poltekkes Surakarta yang telah bekerja di luar negeri seperti Jepang, Jerman, dan Belanda.

“Capaian prestasi lulusan wisudawan terbaik maupun yang sudah direkrut sebagai tenaga kerja rumah sakit maupun di klinik juga sangat menggembirakan. Ada bahkan yang pada semester 4, 5, 6, bahkan ada yang semester akhir yang telah direkrut oleh rumah sakit maupun klinik dengan diberikan beasiswa,” lanjutnya.

Direktur Poltekkes Kemenkes Surakarta menegaskan bahwa hal tersebut sangat menggembirakan bahwa lulusan Poltekkes Surakarta siap untuk bergabung dengan masyarakat untuk memberikan pelayanan kesehatan untuk memberikan pelayanan terbaik.

Pada momen wisuda tersebut, Plt. Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Dr. Yuli Farianti, M.Epid., yang hadir dalam Sidang Terbuka Senat itu mengucapkan selamat kepada para wisudawan.

“Kepada para wisudawan wisudawati juga ucapkan selamat dan sukses, semoga nanti segera untuk bisa mengabdi, berkarya, dan juga bekerja di seluruh fasilitas pelayanan kesehatan baik di dalam negeri maupun di luar negeri,” ungkapnya.

Baca Juga :  Ribuan Peserta Ikuti Kemah Santri Muhammadiyah Nasional di Karanganyar, Ini Tujuannya

Yuli juga menyampaikan bahwa lulusan Poltekkes Kemenkes Surakarta banyak dibutuhkan dan yang berkarya di luar negeri juga banyak. Menurutnya peluang kerja bagi lulusan Poltekkes Kemenkes Surakarta sangat banyak melihat beberapa prodi langka di Indonesia seperti Akupuntur, Terapi Wicara, Ortotik Prostetik ada di Poltekkes Kemenkes Surakarta. Prihatsari