Beranda Daerah Solo Prodi DKV FSRD ISI Surakarta Rayakan HUT ke-13 dengan Peluncuran Logo dan...

Prodi DKV FSRD ISI Surakarta Rayakan HUT ke-13 dengan Peluncuran Logo dan Kuliah Umum Kreatif

Pembukaan tirai sebagai simbolisasi peluncuran logo 13 tahun Prodi DKV ISI Surakarta | Foto: Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM –  Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ISI Surakarta merayakan hari jadi  yang ke-13 dengan acara peluncuran logo baru pada Jumat (8/10/2024).

Acara tersebut digelar bersamaan dengan kuliah umum “Sunset Design Talk#9 x Pinasthika Creativestival XX 2024” yang diadakan di Gedung Sungging Prabangkara, Kampus Mojosongo.

Peluncuran logo 13 tahun DKV itu diresmikan secara simbolis dengan pembukaan tirai oleh Ahmad Fajar Ariyanto, M.Sn, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama FSRD ISI Surakarta, serta dihadiri oleh Ketua Jurusan Desain, Raden Ersnathan Budi Prasetyo, S.Sn., M.Sn, Kaprodi DKV Rendya Adi Kurniawan, M.Sn, serta tamu undangan dari Pinasthika.

Logo baru tersebut dirancang oleh Basnendar Herry Prilosadoso, S.Sn., M.Ds, dosen DKV ISI Surakarta. Menurut Basnendar, logo tersebut melambangkan prestasi dan kontribusi Prodi DKV selama 13 tahun terakhir, serta menjadi simbol semangat untuk terus berkarya di bidang desain komunikasi visual yang relevan dengan kebutuhan masyarakat.

“Kami berharap capaian ini menjadi pemicu untuk terus berinovasi dan menjawab tantangan di masa depan,” ujar Basnendar dalam pernyataan resminya.

Baca Juga :  Sukseskan Pembelajaran Digital, BPP X IKA UMS Diskusikan Peran AI dalam Dunia Pendidikan

Sementara itu, kuliah umum yang menjadi bagian dari rangkaian acara dihadiri oleh sekitar 400 peserta yang terdiri dari mahasiswa, dosen, dan partisipan dari luar kampus.

Acara tersebut menghadirkan Aditya Dion, CEO Evolve Digital Lab, sebagai pembicara utama. Ia membagikan wawasan tentang proses kreatif dalam perancangan periklanan, mulai dari tahap awal penerimaan brief hingga eksekusi akhir.

Pinasthika Creativestival XX 2024, yang juga dipaparkan oleh Dion, merupakan ajang kompetisi periklanan tahunan yang diikuti oleh para mahasiswa.

“Kompetisi ini mengajak mahasiswa untuk mengasah kreativitas mereka dan berpartisipasi dalam industri periklanan,” ungkap Dion.

Ipung Kurniawan Yunianto, M.Sn, dosen DKV ISI Surakarta sekaligus moderator acara, mengungkapkan bahwa ajang ini merupakan kesempatan emas bagi mahasiswa DKV untuk menunjukkan talenta mereka di bidang periklanan.

“Kami ingin mahasiswa lebih percaya diri dan berani unjuk gigi di kancah kreatif nasional,” ujarnya, seperti dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews.

Rendya Adi Kurniawan dalam sambutannya berharap bahwa peluncuran logo ulang tahun ke-13 ini, yang bersamaan dengan roadshow Pinasthika, dapat menjadi dorongan untuk terus berkarya dan meningkatkan kompetensi bagi seluruh civitas akademika DKV ISI Surakarta.

Baca Juga :  Hadiri Haul Ayahanda Diah Warih, Teguh-Gage Ikut Doakan Pilkada lancar

Ia juga menambahkan bahwa rangkaian perayaan dies natalis ke-13 ini akan diisi dengan berbagai kegiatan kreatif lainnya, seperti Abhipraya Awards, aksi doodle art, pameran poster jumbo di CFD Slamet Riyadi, bakti sosial, DKV Goes to School, talkshow, dan banyak lagi.

Dengan semangat baru yang diusung, DKV ISI Surakarta terus melangkah untuk menjadi pusat kreativitas dan inovasi di bidang desain komunikasi visual, baik di tingkat lokal maupun nasional.  Suhamdani