Beranda Daerah Solo Rayakan Milad Prodi, HMP IQT UMS Sukses Gelar Lomba Tingkat Nasional

Rayakan Milad Prodi, HMP IQT UMS Sukses Gelar Lomba Tingkat Nasional

Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMP) Ilmu Al-Quran dan Tafsir (IQT) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengadakan Lomba Tingkat Nasional dalam rangka Milad Program Studi IQT UMS ke-10 dengan agenda IQT Fair-X pada Jumat-Ahad, 18-20 Oktober 2024. Humas UMS

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMP) Ilmu Al-Quran dan Tafsir (IQT) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengadakan Lomba Tingkat Nasional dalam rangka Milad Program Studi IQT UMS ke-10 dengan agenda IQT Fair-X pada Jumat-Ahad, 18-20 Oktober 2024.

IQT Fair-X Nasional ini memiliki tema โ€œKobarkan Semangat Keislaman, Bersama Al-Qurโ€™an Membangun Peradaban Berkemajuanโ€,meliputi tiga cabang lomba, yaitu Musabaqah Qiraatil Kutub, Musabaqah Hifzhil Quran, dan Musabaqah Karya Tulis Ilmiah Al-Qurโ€™an.

Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si, Rektor UMS menyampaikan selamat atas milad Prodi IQT yang disemarakkan dengan berbagai lomba tingkat nasional.

“Semoga Prodi IQT semakin jaya, unggul dan mendunia,” ungkap Rektor UMS berdoa untuk Prodi IQT UMS.

Dr. Kharis Nugroho, Lc., M.Ud, Ketua Program Studi IQT UMS menyampaikan agenda ini adalah upaya merawat disiplin keilmuan yang berkaitan dengan program studi IQT.

โ€œDengan adanya lomba-lomba ini, IQT UMS mengupayakan untuk menjaga keilmuan yang mendukung dalam Program Studi Ilmu Al-Quran dan Tafsir,โ€ ungkap Ketua Program Studi, Selasa (22/10/2024).

Baca Juga :  Representasi Kampus, Duta Kampus Ikuti Pembekalan Protokoler dan Public Speaking

Sepekan sebelumnya, IQT Fair dilaksanakan juga untuk internal mahasiswa IQT UMS pada Sabtu-Ahad, 5-6 Oktober 2024 dengan lomba-lomba yang sama untuk nasional ditambah cabang olahraga bulutangkis dan futsal.

Sebelum IQT Fair-X ditutup, Milad Program Studi IQT dengan IQT Fair-X diikuti dengan Tasmiโ€™ Khataman 30 Juz Bil Ghaib oleh Zulfikar, Mahasiswa IQT Angkatan 2023. Dalam sejarah IQT, hal ini adalah yang perdana dilaksanakan dalam agenda Milad Program Studi IQT UMS.

Kegiatan IQT Fair-X ditutup dengan Grand Closing Kajian Akbar bersama Ustaz Daud Akhyari, Dai Muda Solo Raya yang dipandu oleh Wahid Fathurrahman, Konten Kreator sekaligus Mahasiswa IQT Angkatan 2023.

Fayiz Avicena, Ketua Panitia Grand Closing menyampaikan serangkaian penutup acara puncak IQT Fair ini adalah kolaborasi program kerja bidang kajian Quran dan dakwah.

Baca Juga :  Silaturahmi dengan Muslimat NU, Respati Minta Doa Untuk Dikuatkan Menjalankan Tugas

IQT Fair-X Sukses terlaksana, dari keseluruhan delegasi setiap instansi didapatkan dengan tiga juara instansi dengan perolehan delegasi juara terbanyak, Juara Umum dari IIM Surakarta, Juara Kedua dari Universitas Darussalam Gontor, dan Juara Ketiga dari MA Al-Irsyad Tengaran. Prihatsari