Beranda Edukasi Kesehatan Rendah Purin, Mentimun Dapat Meredakan Asam Urat

Rendah Purin, Mentimun Dapat Meredakan Asam Urat

manfaat mentimun
Buah Mentimun, Pixabay

JOGLOSEMARNEWS.COM — Penyakit asam urat merupakan kondisi medis yang terjadi ketika kadar asam urat dalam darah terlalu tinggi.

Asam urat terjadi akibat penumpukan kristal asam urat dalam tubuh, sering kali menyebabkan nyeri sendi yang parah, terutama di jari kaki.

Agar asam urat dalam darah tetap terkontrol, maka penting untuk memperhatikan pola makan dan asupan nutrisi. Salah satu makanan yang sering dikaitkan dengan asam urat adalah mentimun (Cucumis sativus).

Dikutip dari Millie Lee MD, mentimun dikenal sebagai salah satu makanan terbaik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, sering disebut sebagai makanan super. Ada sekian banyak manfaat mentimun, dengan catatan untuk mengonsumsi yang organik karena mentimun sering disemprot dengan pestisida.

Mentimun sayuran yang kaya akan air, rendah kalori, dan mengandung sejumlah vitamin dan mineral. Lantas, apakah mentimun bisa meredakan asam urat?

Seperti diketahui, asam urat terjadi ketika tubuh memiliki terlalu banyak asam urat dalam aliran darah, yang mengakibatkan penumpukan kristal asam urat yang menyakitkan di persendian. Banyak orang yang memiliki masalah asam urat. Dikutip dari Times of India, masalah ini meningkat di musim dingin. Hal ini menyebabkan nyeri sendi, pembengkakan sendi. Beberapa orang bahkan tidak dapat bergerak.

Baca Juga :  Pantas Saja Dijuluki Superfood, Ternyata Ini Segudang Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

Menurut para ahli, tak hanya asam urat, tetapi juga nyeri artritis meningkat di musim dingin. Menurut laporan yang diterbitkan oleh media India ‘This Time’, sayuran tertentu yang ditemukan di musim ini membantu mengurangi masalah asam urat. Selain itu, asam urat berasal dari pemecahan zat yang disebut purin, yang ditemukan dalam banyak makanan.

Karena itu, bagian dari pengobatan asam urat adalah mengikuti diet rendah purin dan minum banyak air. Karena mentimun rendah purin dan tinggi air, mentimun berpotensi memainkan peran penting dalam melawan asam urat.

Dikutip dari LiveStrong, mentimun sangat rendah purin, hanya mengandung 7,3 miligram purin dalam tiap 100 gram sayuran tersebut. Sebagai perbandingan, makanan dengan purin tinggi mengandung lebih dari 200 miligram purin dalam tiap 100 gram, seperti 411 miligram purin dalam 100 gram ikan teri. Hasilnya, timun ideal untuk diet rendah purin yang dapat mencegah asam urat.

Baca Juga :  Sederet Sayuran Tinggi Serat dan Kalsium, Apa Saja?

Mentimun juga sumber silika yang sangat baik, yang dikenal dapat membantu meningkatkan kesehatan sendi. Bila dicampur dengan jus wortel, keduanya dapat meredakan asam urat dengan menurunkan kadar asam urat.

www.tempo.co