Beranda Daerah Solo Respati Siap Dorong Jagalan Jadi Kampung Oleh-oleh

Respati Siap Dorong Jagalan Jadi Kampung Oleh-oleh

Ratusan warga menanti kehadiran calon Wali Kota Solo nomer urut 2, Respati Ardi sejak sore hari di depan Posyandu Lansia Ngudi Waras Jagalan, Jebres, Solo, Selasa (22/10/2024). Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Ratusan warga menanti kehadiran calon Wali Kota Solo nomer urut 2, Respati Ardi sejak sore hari di depan Posyandu Lansia Ngudi Waras Jagalan, Jebres, Solo, Selasa (22/10/2024).

“RESPATI? PASTI-PASTI WAE!”
“RESPATI-ASTRID? MENANG PASTI MENANG!”

Yel-yel warga dari kejauhan terdengar begitu lantang menyambut kehadiran calon Wali Kota Solo nomer urut 2 tersebut. “Ndalem Respati Ibu, mohon doa restu dan dukungannya agar bisa bermanfaat untuk warga dan masyarakat Kota Solo,” ungkap Respati saat menyalami seluruh warga yang menyambutnya.

Mendengar adanya Lansia yang tengah sakit stroke menahun. Respati turut menjenguk Rusmiati yang hanya bisa berbaring di tempat tidur. Rusmiati tampak senang dijenguk oleh calon Wali Kota Solo nomer urut 2 itu. Usai meminta doa restu, Respati turut mendoakan kesehatan Rusmiati, “Semoga enggal waras nggih Ibu, sehat selalu, dipanjangkan umurnya.” ujar Respati diaminkan sejumlah warga. “Kalau butuh antarjemput ambulan bisa disampaikan pada tim saya,” lanjut Ketua HIPMI Solo itu.

Melanjutkan blusukan, Respati tiba di depan rumah yang bertuliskan “Rambak Petis Pak Dul” yang menjual oleh-oleh khas Kota Solo. “Jadi kalau di Bali identiknya dengan tari kecak dll, kalau di Jogja identik dengan Tugu Jogja. Nah, ini kalau di Solo identiknya dengan kulineran nggih, Mas. Kami ingin, Kampung Jagalan ini bisa menjadi kampung pusat oleh-oleh Solo. Di Kauman ada Kampung Batik, di Pasar Kliwon ada Kampung Arab, di Laweyan juga batik. Nanti di Jagalan ada Kampung Oleh-oleh, karena rambak petis ini sudah turun temurun, dan semua yang ada di sini dibuat oleh warga sini, Mas. Dan kami sangat butuh dukungan dari pemerintah pusat untuk menjadikan Kampung Jagalan sebagai kampung pusat oleh-oleh,” ungkap Suwito, warga setempat, kepada Respati.

Baca Juga :  Relawan Projo Gelar Tasyakuran Sambut Kepulangan Jokowi

Mendengar hal itu, Respati sangat setuju untuk menjadikan kampung oleh-oleh. “Nah ini sesuai dengan program saya, jadi wisatawan kalau main ke Keraton Solo dan Pura Mangkunegaran, nanti jajan atau makan siangnya di Pasar Gede Solo. Lalu beli oleh-olehnya di Kampung Jagalan. Cocok sekali Pak,” Tandas Respati.

Baca Juga :  Respati Tepis Isu PKH akan Dihapuskan

Respati turut mencicipi rambak petis yang disajikan, “Ini kalau masa kecil saya dulu, rambak petis di hari minggu sambil nonton film doraemon di TV.” ujar Respati saat mencicipi Rambak Petis Pak Dul. Tidak hanya mencicipi, Respati juga membeli sejumlah oleh-oleh untuk dibawa pulang. Prihatsari