Beranda Daerah Sragen Semarak Bulan Bahasa 2024 SMPN 3 Gemolong, Ajang Gali Potensi Siswa

Semarak Bulan Bahasa 2024 SMPN 3 Gemolong, Ajang Gali Potensi Siswa

Kepala SMPN 3 Gemolong, Aris Sudarmanto (9 dari kiri) berfoto bersama sejumlah guru dan para siswa yang antusias menunjukkan sertifikat kejuaraan | Foto: Istimewa

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM SMP Negeri 3 Gemolong, Sragen  kembali menyelenggarakan kegiatan tahunan bertajuk Semarak Bulan Bahasa 2024, yang berlangsung dari tanggal 14 hingga 18 Oktober 2024.

Kegiatan itu dirangkai dengan menggelar sejumlah lomba literasi di ruang serba guna dan ruang humas sekolah, melibatkan tiga bahasa yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Jawa.

Beragam lomba diadakan, termasuk lomba baca puisi, pidato, dan mengarang untuk kategori Bahasa Indonesia. Sedangkan untuk Bahasa Inggris terdapat speech contest, story telling, dan descriptive essay. Di kategori Bahasa Jawa, siswa berlomba dalam geguritan, cerita cekak, dan dongeng.

Johan Wahyudi, Ketua Panitia Semarak Bulan Bahasa 2024, menjelaskan bahwa seluruh komponen sekolah terlibat dalam kegiatan tersebut. Para peserta berasal dari perwakilan setiap kelas, sementara juri lomba adalah guru mata pelajaran terkait.

“Kami mengambil tiga pemenang untuk setiap jenis lomba, yaitu juara 1, 2, dan 3,” ujarnya, seperti dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews.

Para siswa SMPN 3 Gemolong tampak ceria menunjukkan sertifikat kejuaraan yang mereka raih dalam lomba dalam ajang Semarak Bulan Bahasa 2024 | Foto: Istimewa

Johan menambahkan, tujuan utama kegiatan tersebut  adalah untuk menggali dan mengasah potensi siswa.

“Setiap anak memiliki bakat di bidang tertentu, dan peran guru adalah membina potensi tersebut hingga mencapai prestasi,” jelas Johan.

Ia juga mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut sangat membantu sekolah dalam menemukan siswa berbakat untuk diikutsertakan dalam ajang kompetisi yang lebih besar, seperti Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) dan Festival dan Lomba Bahasa Indonesia (FTBI).

Baca Juga :  Bupati Yuni Serahkan Bonus untuk Atlet Disabilitas Berprestasi yang Membawa Nama Kabupaten Sragen di Ajang Olahraga

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 3 Gemolong, Aris Sudarmanto, menyatakan apresiasinya terhadap kegiatan tersebut.

“Antusiasme para peserta sangat tinggi, dan saya berharap Semarak Bulan Bahasa bisa diadakan setiap tahun sebagai upaya untuk mengembangkan potensi literasi siswa. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi sarana untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang pentingnya literasi bagi masa depan mereka,” ujarnya lebih lanjut.

Para pemenang dari berbagai lomba tersebut datang dari kelas yang bervariasi. Untuk lomba baca puisi, Juara I diraih oleh Rezki Amelia Istiqomah, Juara II oleh Hilga Jihan Pratiwi, dan Juara III oleh Hilmi Abdul Rozaq.

Pada lomba pidato, Juara I diraih oleh Rasty Afifah, Juara II disabet oleh Muh. Fathin D., dan Juara III oleh Rona Rihaadatul A. Pada lomba mengarang, berhasil menjadi Juara I Imanuela Kasih Prakoso, disusul Adisty Naimatusyahidah dan Felizand Velmegandi sebagai Juara II dan III.

Di kategori Bahasa Inggris, Azzreelio Aulia Narhezwari menjadi Juara I dalam speech contest, diikuti oleh Nandhita Ayu Cahya N dan Daniswara Triyananta di posisi Juara II dan Juara III. Untuk lomba story telling, Juara I diraih oleh May Syahla Gerneta T. W., Juara II oleh Elizabeth Cinta Christophia, dan Juara III dipegang Hafizah Rafifah.

Pada lomba descriptive essay, Juara I diraih oleh Ersandhy Hangga Darmawan, diikuti oleh Revania Natasia Putri dan Callysta Griselda Ariadna, masing-masing untuk Juara II dan Juara III.

Baca Juga :  Suparno Cetak Sejarah di Sragen Jadi Ketua DPRD 2 Kali Berturut Turut dan Wahyu Dwi Setyaningrum Perempuan Pertama Menjabat Sebagai Wakil Pimpinan DPRD

Pada kategori Bahasa Jawa, lomba geguritan dimenangkan oleh Aini Mas’ud sebagai Juara I, disusul Elizabeth Kasih Christophia dan Naiya Carisa Maharani sebagai Juara II dan Juara III. Sedangkan pada lomba cerita cekak, Juara I digondol oleh Aliva Nurrohmah, diikuti oleh Kayla Mar’atus Solehah dan Anisa Suci Nur’aini. Untuk lomba dongeng, Nafisah Wahdiya Z. menjadi Juara I, sedangkan Qonita Afni Hanifah dan Devina Naura Almirawati menempati posisi Juara II  dan Juara III.

Kepala SMP Negeri 3 Gemolong, Aris Sudarmanto menjelaskan, dengan berbagai prestasi yang berhasil dicapai dalam kegiatan tersebut, SMPN 3 Gemolong berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan literasi di kalangan siswa.  Suhamdani