Beranda Umum Nasional Sukabumi Dilanda Gempa Bumi  M4,5,  Warga Berhamburan Keluar Rumah

Sukabumi Dilanda Gempa Bumi  M4,5,  Warga Berhamburan Keluar Rumah

Ilustrasi gempa. Pixabay

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM  – Wilayah Sukabumi, Jawa Barat diguncang gempa bumi dengan magnitudo 4,5 pada Rabu (2/10/2024).  Anehnya, gempa yang dirasakan oleh masyarakat tersebut gerakannya naik turun dan tidak ke kanan atau ke kiri.

 

Saking takutnya, bayak masyarakat Sukabumi yang berhamburan  keluar rumah hingga ke jalan-jalan.  Banyak warga mengaku bisa merasakan guncangannya yang naik-turun, bukan kanan-kiri. Sebagian sampai berhamburan ke jalan.

 

Menurut info awal BMKG, gempa yang dicatat terjadi pada pukul 08.09 WIB itu memiliki pusatnya di darat, 40 kilometer barat daya Kabupaten Sukabumi. Pada peta tampak lokasinya hampir berbatasan dengan laut.

 

Gempa yang berasal dari kedalaman 36 kilometer itu dirasakan terkuat di Kecamatan Simpenan, Sukabumi, yakni pada skala IV MMI. Pada skala itu, gempa bisa dirasakan oleh banyak orang di dalam rumah dan sanggup membuat pintu dan jendela berderit.

Baca Juga :  Tak Ada Kabar Sampai H-1 Pelantikan Presiden, Pertemuan Megawati-Prabowo Batal?

 

 

Beberapa daerah lainnya merasakannya pada skala III MMI, yakni di Kecamatan Cikakak, Pelabuhan Ratu, dan Sukabumi. Pada skala itu, gempa dirasakan nyata di dalam rumah, seakan ada truk melintas.

 

Berdasarkan komentar warganet di akun X Info BMKG, gempa tersebut terungkap bisa sangat dirasakan dan bahkan membuat sebagian orang berhamburan ke jalan. “Terasa di Cigaru, Simpenan Sukabumi, warga berhamburan,” seperti disampaikan pemilik akun @ruriadi.

 

Kominfo Luncurkan SNPDK, Notifikasi Gempa Akan Muncul Lewat SMS hingga Siaran TV

 

Beberapa lain yang mengaku berada di wilayah Bogor dan Cianjur juga mengungkap bisa sangat merasakan guncangan gempa yang sama. Ada pula yang melukiskan guncangan yang dialaminya.

 

“Pertama kecil, selang berapa detik gede getaranmya. Tapi seperti naik turun gitu, bukan yang kanan kiri,” cuit @xixsm_. Ditambahkannya, “Kayak tanah anjlok gitu.” Senada dengannya, @tacioyt mengatakan, “Gempanya berasa dijatohin ke bawah bukan yang kiri kanan.”

Baca Juga :  Gelar Doktor Bahlil Diragukan, Seperti Ini Jawaban dari UI

www.tempo.co