JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Internasional

Awas, Main HP yang Lagi Di-chas Bisa Bikin Tewas, Ini Buktinya

Kalian ngebet bermain handphone meski baterai sudah hampir habis? Segera chas HP anda. Tapi hati-hati kalau mai main HP  dalam posisi charger terpasang di colokan listrik. Pasalnya, kalau lagi sial bisa celaka.

Ilustrasi/Tribunnews

Simak kejadian di bawah ini. Seorang remaja putri asal Riacho Frio, Brasil ditemukan tergeletak tak bernyawa di rumahnya.
Kematian remaja berusia 17 tahun itu diduga disebabkan oleh sengatan listrik yang berasal dari ponsel miliknya.

Menurut keterangan, tubuh remaja bernama Luiza Fernanda ditemukan terbaring di lantai pada Minggu (18/2/2018) sore. Di dekatnya, terdapat ponsel miliknya dalam keadaan tersambung dengan charger yang terhubung soket listrik.

Baca Juga :  Niatnya Pamer Jumping, Anggota Klub Motor KLX Malah Bikin Celaka. Sebabkan Kecelakaan, Puluhan Motor Anggota Komunitas Langsung Digaruk Polisi

Lebih mengejutkan lagi, ponsel itu ditemukan dalam kondisi meleleh. Melihat hal tersebut, keluarga menduga bahwa remaja itu meninggal akibat kesetrum lisrik yang berasal dari smartphone yang sedang di-cas.

Tubuh Luiza pertama kali ditemukan oleh sang nenek. Melihat Luiza yang sudah terbujur, keluarganya pun segera membawa remaja ini ke rumah sakit setempat.

Saat berada di Rumah sakit, dokter yang bertugas masih berusaha untuk menyelamatkan Luiza.

Sayangnya, upaya tersebut sia-sia.
Nyawa remaja ini tidak terselamatkan karena keluarga terlambat membawanya ke rumah sakit.

“Dalam catatan medis disebutkan gadis ini baru dibawa ke rumah sakit satu jam setelah sengatan listrik yang diduga berasal dari ponselnya,” ujar Direktur Rumah Sakit Regional Cureente, Lindaura Calvalcanti seperti dikutip KompasTekno dari The Sun, Jumat (23/2/2018).

Baca Juga :  Media Asing Soroti Penanganan Covid-19 di Indonesia, Sebut Menkes Terawan sebagai Orang Paling Bertanggung Jawab atas Krisis Akibat Pandemi yang Dialami Indonesia

Menggunakan ponsel dalam keadaan tersambung charger yang terhubung soket listrik memang tidak dianjurkan. Selain berpotensi merusak perangkat, kondisi lain seperti hubungan arus pendek secara tiba-tiba bisa saja terjadi.

Tahun lalu, seorang wanita asal Malaysia, Suhana ditemukan tewas lantaran menggunakan ponsel sambil mengisi daya.
Kejadian tersebut berlangsung malam hari ketika seisi rumah sudah tertidur.

Kala itu, Suhana sempat dibawa ke Rumah Sakit Universiti Kebangsaan Malaysia.
Sayangnya, nyawanya terlanjur tak tertolong. Tribunnews