JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Bukan Hantu Penyebab Tanah Amblas di Gunungkidul, Tapi Ini

   
Tribunnews

Masyarakat Ponjong, Kabupaten Gunungkidul, DIY sempat dihebohkan oleh tanah yang tiba-tiba saja ambles berbentuk melingkar.  Warga cemas dan bertanya-tanya, karena jumlah tanah amblas seperti itu sampai  4 lubang.

Tak perlu berpikir yang bukan-bukan terkait munculnya tamah amblas itu. Apalagi menglait-kaitkannya dengan hantu atau mitos. Bukan, hal itu merupakan fenomena alam yang biasa yerjadi di daerah karst atau batu kapur seperti di Guningkidul.

Baca Juga :  Bamsoet: Pemerintahan Prabowo-Gibran Tak Perlu Oposisi

Para pakar menyebut, amblasnya tanah-tanah tersebut siswbabkan adanya doline.  Doline adalah daerah cekungan  yang ada di kawasan karst, dan peristiwa amblasnya tanah terswbut aeringkali terjadi si daerah cekungan seperti ini.

‘Cekungan tersebut terbentuk karena adanyasistem perguaan di bawahnya. Kalau kota lihat, Gunungkidul memang kaya akan gua-gua di bawah tanah.

Lantaran cekungan tersebut tergenang air dalam jumlah besar, maka tekanan air menjadi besar dan mendorong tanah ke bawah. Jal itulah yang mendorong terjadinya tanah amblas.

Baca Juga :  Banyak Tamu di Rumah Megawati Termasuk Politikus PDIP, Tapi Tak Ada Jokowi

Kejadian ini bisa saja terjadi di daerah  lain yang ada cekungannya dan tergenang air. Jika cekungan tersebut terhubung dengan sistem perguaan di bawahnya, tanah di permukaan bisa ambles. Nah, jadi bukan hantu penyebab amblasnya tanah-tanah tersebut. Berbagai sumber

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com