JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Diwarnai Mati Lampu, Verifikasi Gerindra Digelar Gelap-Gelapan

Proses verifikasi faktual KPU di Kantor DPC Gerindra yang terpaksa digelar dengan lampu darurat akibat listrik padam, Kamis (1/2/2018). Foto/JSnews
Proses verifikasi faktual KPU di Kantor DPC Gerindra yang terpaksa digelar dengan lampu darurat akibat listrik padam, Kamis (1/2/2018). Foto/JSnews

KARANGANYAR– Insiden mati lampu mewarnai jalannya proses verifikasi  faktual yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar terhadap sejumlah partai politik, Kamis (01/02/2018).

Salah satunya saat melakukan verifikasi di kantor DPC Partai Gerindra. Meski aliran listrik padam, proses verifikasi terus dilanjutkan meski harus dengan menggunakan lampu darurat.

Ketua KPU Karanganyar, Sri Handoko, kepada wartawan, mengatakan, hari Kamis (01/02/2018) merupakan hari terakhir verifikasi terhadap parpol di Karanganyar. Menurutnya, pada hari terakhir ini, KPU melakukan verifikasi terhadap PAN, PDIP, Gerindra, PKS, PKB dan PPP.

Sebelumnya, KPU telah melakukan verifikasi faktual terhadap partai baru, diantaranya, Partai  Perindo, PSI dan Partai Garuda, Partai Demokrat, Partai Hanura.

Baca Juga :  Hasil Evaluasi Gubernur, APBD Perubahan Karanganyar 2020, Pendapatan Berkurang Rp 129 Miliar, Belanja Berkurang Rp 43 Miliar

“ Ini merupakan haru terkahir kita melaksanakan verifikasi faktual terhadap parpol yang ada di Karanganayar. Setelah verifikasi, kita akan melakukan rapat pleno dan menyerahkan hasilnya kepada masing-masing parpol, “ kata Sri Handoko, Kamis (01/02/2018).

Sementara itu, ketua DPC Partai Gerindra, Yulianto, mengatakan, dalam proses verifikasi ini, seluruh data yang ada telah sesuai dengan data Sipol. Seluruh data, menurut Yulianto, adalah data riil.

“ Seluruh data riil dan tidak ada yang fiktif, termasuk keterwakilan perempuan,” kata Yulianto.

Baca Juga :  Terduga Pelaku Penembakan Kucing Tetangga di Colomadu Karanganyar Bisa Dijerat Pasal 302 KUHP. Polres Pastikan Segera Panggil Terlapor!

Dijelaskannya, setellah dilakukan verifikasi, KPU menyatakan jika kepengurusan DPC Partai Gerindra  lolos verifikasi. Berita acara akan diserahkan di KPU pada hari Jumat (02/02/2018).

Sementara itu, Ketua DPC PDIP Karanganayar, Endang Muryani, mengatakan, proses verifikasi dilakukan terhadap ketua, sekretaris dan bendahara, lima keterwakilan prempuan atau sekitar 30 persen, serta sejumlah anggota biasa yang tersebar di empat kecamatan.

“ Proses verifikasi berjalan lancar dan seluruhnya seusia dengan data yang ada di Sipol. Insya Allah kita lolos verifikasi,” kata Endang Muryani, Kamis (01/02/2018). Wardoyo